You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas KPKP Ajak Warga di Kepulauan Seribu Peduli Perubahan Iklim
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Dinas KPKP Ajak Warga di Kepulauan Seribu Peduli Perubahan Iklim

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menyelenggarakan Temu Diskusi bersama Kelompok Daerah Perlindungan Laut Berbasis Masyarakat (KDPL-BM) membahas dampak perubahan iklim pada ekosistem laut.

Peristiwa ini perlu ditangani dengan serius 

Kepala Bidang Kelautan Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Imam Fitrianto mengatakan, salah satu isu perubahan iklim yakni terkait pengaruh terhadap ekosistem bawah laut dengan terjadinya coral bleaching di beberapa wilayah perairan DKI Jakarta.

"Coral Bleaching atau yang dikenal dengan nama pemutihan karang adalah peristiwa menghilangnya alga Zooxanthellae dari tubuh karang. Peristiwa ini perlu ditangani dengan serius karena dapat menjadi penyebab matinya karang," ujarnya, di aula Gedung Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Selasa, (30/1).

30 Peserta Ikuti Lokakarya Wisata Bahari Berbasis Konservasi

Imam menjelaskan, alga ini dapat menghilang karena dipicu perubahan suhu air laut menjadi lebih hangat atau tidak dingin, sehingga timbul lumut kecil yang menyebabkan pemutihan karang.

"Pada tahun 1998, saat terjadi el Nino, peristiwa coral bleaching pun pernah terjadi di beberapa wilayah di Indonesia termasuk di Kepulauan Seribu," terangnya.

Menurutnya, warna warni pada terumbu karang dipengaruhi oleh pigmen alga Zooxanthellae. Untuk itu, masyarakat terutama kelompok KDPL-BM Kepulauan Seribu untuk melakukan tindakan preventif.

"Kami ingin KDPL BM dapat melakukan pemantauan, pencatatan dan pelaporan kejadian coral bleaching serta penanganannya. Sehingga, terumbu karang dan ekosistem yang terasosiasi dapat terjaga di DKI Jakarta," bebernya.

Wakil Camat Kepulauan Seribu Utara, Yulihardi menuturkan, temu diskusi tersebut diikuti sebanyak 50 peserta dari KDPL-BM di enam Kelurahan.

"Setelah temu diskusi ini saya minta kepada KDPL BM yang telah ditunjuk oleh kelurahan turut menjaga kelestarian laut kita. Terutama, di sisi utara Kepulauan Seribu yang masih banyak karang alaminya," ungkapnya.

Sementara itu, anggota KDPL-BM Lestari Indah Pulau Tidung, Adi Irawan mengaku senang dapat mengikuti diskusi tersebut.

"Terumbu karang mempunyai peranan penting untuk kelestarian ekosistem laut, khususnya di Kepulauan Seribu," ucapnya.

Ia memaparkan, Dinas KPKP DKI Jakarta memberikan bantuan kamera underwater untuk mempermudah pencarian data yang lengkap terkait kesehatan ekosistem bawah laut.

"Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami bersama menjaga perairan laut Kepulauan Seribu. Semoga kelak, dengan menjaga ekosistem laut ini bisa mengenalkan laut yang biru, karang yang indah dan berwarna warni kepada generasi mendatang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1216 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1100 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1042 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye843 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye778 personBudhi Firmansyah Surapati