You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
80 Peserta Ikuti Bimtek Pembuatan Narasi Cerita Potensi Wilayah di Jakut
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

80 Peserta Ikuti Bimtek Pembuatan Narasi Cerita Potensi Wilayah Jakarta Utara

Suku Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Sudin Kominfotik) Jakarta Utara menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) pembuatan narasi cerita potensi wilayah dalam mendorong strategi promosi kota global. Bimtek diikuti sebanyak 80 peserta.

M eningkatkan kemampuan dalam penulisan

Kepala Sudin Kominfotik Jakarta Utara, Yudhistira Nugraha mengatakan, peserta bimtek terdiri dari jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Penyediaan Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) di tingkat kota, kelurahan, kecamatan.

"Bimtek bertujuan meningkatkan kemampuan dalam penulisan naskah yang bisa menceritakan pontensi positif Jakarta Utara dalam bentuk tulisan," ujarnya, di lokasi acara, Ruang Pola, Kantor Walikota Kota Jakarta Utara, Tanjung Priok, Kamis (1/2).

ASN Pemkot Jakbar Diedukasi Pentingnya Security Awareness

Yudhistira menjelaskan, bimtek kali ini mengangkat enam topik unggulan yang ada di wilayah Jakarta Utara yaitu, Batik Marunda, Jakarta International Stadium (JIS), Taman Impian Jaya Ancol, Rumah Pitung, Museum Bahari, dan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Dalam pembuatan naskah cerita, imbuh Yudhistira, dibutuhkan teknik penulisan yaitu 5W+1H. Selain itu, peserta juga harus melihat, mendengar, memahami kondisi dan merasakan apa yang kiranya perlu dilakukan dalam menulis.

"Dalam penulisan perlu dilakukan pendekatan 5w+1h, sehingga tulisan ini nantinya dapat menjadi sebuah cerita yang deskriptif, serta mampu memberi informasi kepada masyarakat terkait potensi yang ada di Jakarta Utara," bebernya

Ia berharap, peserta bimtek dapat menggali potensi wilayah masing-masing dalam bentuk narasi cerita yang dapat dipahami dan dimengerti oleh masyarakat. Hal ini, juga mendukung mewujudkan Jakarta sebagai kota global.

"Semoga narasi yang ditulis tidak hanya dibaca warga Jakarta, tetapi secara global. Saat ini masih menggunakan bahasa Indonesia, ke depan kita bisa menulis dengan bahasa Inggris," terangnya.

Sementara itu, salah seorang peserta bimtek, Alifa Indrina menuturkan,  kegiatan ini sangat membantu ASN yang masih awam dengan dunia jurnalistik.

"Narasumber memberikan materi praktik langsung dengan membantu memahami penulisan yang mendalam dengan teknologi canggih. Harapannya, kegiatan ini dapat berkelanjutan," ucapnya.

Peserta bimtek lainnya, Ferdinan Alamsyah mengaku senang mengikuti bimtek ini yang banyak memberikan pengetahuan wawasan terkait penulisan yang baik dan benar.

"Kegiatan yang sangat bagus, ada teori dan praktik membuat narasi seribu kata untuk membuat berita. Saya akan lebih mengulik potensi yang ada di wilayah Kelapa Gading sebagai materi tulisan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2009 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1120 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye1026 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye921 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye778 personBudhi Firmansyah Surapati