You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Salat Id, Balai Kota, Sekda DKI, Idulfitri, Lebaran2024
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Joko Agus Ingatkan Pentingnya Persaudaraan dan Kepedulian Sosial

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Salat Idulfitri 1445 Hijriah di halaman Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (10/4).

Kita tingkatkan ukhuwah islamiyah, ukhuwah watoniyah dan ukhuwah insaniyah 

Salat Id dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono beserta istri, Ibu Pj Gubernur DKI Mirdiyanti bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI beserta keluarganya dan warga sekitar.

Dalam salat yang dimulai pukul 06.45 ini,  bertindak selaku imam Ustaz H Heri Kuswanto dan khotib.Prof. Dr. KH Asrorun Ni'am Sholeh, MA.

37 Hewan Kurban Didistribusikan ke 11 Pulau Permukiman

Seusai salat, Sekda Joko menyampaikan ucapan syukur karena seluruh umat Islam dapat menyambut hari kemenangan, Hari Raya Idufitri 1 Syawal 1445 H.

"Di tengah lantunan takbir tahlil dan tahmid yang semarak dikumandangkan umat Islam dari segala penjuru dunia, bersama kita mengungkap rasa syukur menyambut hari kemenangan Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah," kata Sekda Joko seperti dikutip melalui siaran pers Pemprov DKI Jakarta, Rabu (10/4).

Selama satu bulan penuh, lanjut Sekda Joko, umat Islam melaksanakan perintah Allah menunaikan ibadah puasa Ramadan, salat tarawih dan ibadah sunnah lainnya untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Khalik.

"Umat islam telah berhasil berjuang mengendalikan hawa nafsu dalam meraih kemenangan dan kembali fitrah," tuturnya.

Menurutnya, perayaan Idulfitri menjadi momentum untuk saling membuka hati untuk memaafkan dengan tulus, menguatkan tali silaturahmi, memperkokoh persaudaraan dan kepedulian, seperti tema yang diusung pada tahun ini: "Menyemai Nilai Persaudaraan dan Kepedulian Sosial".

"Dengan kepedulian sosial kita tingkatkan ukhuwah islamiyah, persaudaraan antara umat muslim, ukhuwah watoniyah, persaudaraan antara sesama bangsa Indonesia dan ukhuwah insaniyah persaudaraan antar sesama umat manusia di seluruh dunia," ujar Joko.

Joko menegaskan,  persaudaraan dan kepedulian sosial merupakan salah satu pondasi untuk menjaga kerukunan dan keutuhan masyarakat dalam mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global yang inklusif dan layak huni bagi semua.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Joko mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah kepada seluruh umat muslim di Jakarta.

"Kami dari Pemprov DKI Jakarta mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin untuk seluruh warga Kota Jakarta. Semoga Allah SWT menerima segala ibadah kita selama bulan Ramadan dan memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang mendapatkan kemenangan," ucap Joko.

Sementara itu, Prof. Dr. KH Asrorun Ni'am Sholeh, MA dalam ceramahnya menyampaikan,  Ramadan yang penuh nilai-nilai kebaikan, dapat menjadi motor penggerak untuk menyelesaikan persoalan sosial yang muncul di tengah masyarakat.  

Etos Ramadan, menurutnya,  dapat menjelma sebagai penegasan hubungan kemanusiaan, menjadi solusi masalah sosial, khususnya terkait dengan permasalahan kontemporer kemasyarakatan dan kebangsaan.

"Momentum Idulfitri ini, kita bangun kembali hubungan harmonis di lingkungan keluarga. Membangun kebersamaan yang didasarkan pada hubungan saling menghormati, setara, saling menguntungkan dan saling menghargai posisi masing-masing," kata KH Asrorun

Seusai menjalankan salat Id, Sekda Joko dan isteri, serta Ibu Pj Gubernur DKI Mirdiyanti bersama para pejabat di lingkungan Pemprov DKI bersalam-salaman dengan warga yang turut hadir di halaman Balai Kota DKI.

Adapun pejabat yang hadir, di antaranya Asisten Kesejahteraan Rakyat Widyastuti, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setda DKI Afan Adriansyah Idris, Asisten Pemerintahan Setda DKI Sigit Widjatmoko,.

Kemudian, Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo, Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Hari Nugroho, Kepala Satpol PP Arifin dan para wali kota.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye3514 personTiyo Surya Sakti
  2. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3272 personNurito
  3. 113 Ribu Warga Non DKI Urus Kepindahan Dokumen Sesuai Domisili

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2544 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. PT JIP Hadirkan Penerangan Jalan Umum Pintar di Kawasan Gunawarman

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2541 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Kesit B Handoyo Terpilih Jadi Ketua PWI Jaya 2024-2029

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2502 personFolmer