You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Camat Kebayoran Baru Pimpin Grebek PSN di Kelurahan Petogogan
.
photo Tiyo Surya Sakti - Beritajakarta.id

PSN di Kelurahan Petogogan Terus Digencarkan

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) untuk mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Membuat pola kerja baru yang lebih efektif

Hari ini, PSN di wilayah Jalan Wijaya I, Gang Langgar, RT 03/03, dipimpin langsung Camat Kebayoran Baru, Tommy Fudihartono.

Tommy mengatakan, kasus DBD di wilayahnya saat ini merupakan yang tertinggi di Jakarta Selatan dengan jumlah 142 kasus. Khusus di Kelurahan Petogogan mencapai 21 kasus.

Kecamatan Duren Sawit Optimalkan Penanganan DBD

"Kalau di Kecamatan Kebayoran Baru, kasus DBD tertinggi ada di Kelurahan Cipete Utara. Dalam periode Januari sampai April 2024 terdapat 62 kasus," ujarnya, Jumat (19/4). 

Tommy menuturkan, dalam pemeriksaan  hari ini, masih didapati tiga bangunan yang terdapat jentik. Untuk itu, sebagai upaya preventif yang maksimal warga diminta untuk menjadi Juru Pemantauan Jentik (Jumantik) mandiri.

"Jumantik dan pengurus lingkungan saya rasa sudah berpengalaman dengan kasus DBD, kalau masih tinggi juga, berarti kita harus bikin pola kerja baru. Jika pola kerja lama dianggap tidak maksimal berarti kita harus membuat pola kerja baru yang lebih efektif," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru, Tresia Artati menambahkan, berbagai upaya pencegahan DBD terus dioptimalkan . Selain PSN, juga dilakukan fogging atau pengasapan dengan sasaran lingkungan permukiman hingga sekolah.

Saat ini, lanjut Tresia, warga juga diedukasi untuk memasang pembuatan ovitrap atau perangkap nyamuk dengan bahan sederhana. Nantinya, nyamuk yang terjebak bisa bertelur namun telurnya yang menetas membuat nyamuk tidak bisa terbang. 

"Kita siap membantu pembuatan ovitrap karena di kelurahan lain sudah cukup banyak yang menerapkan. Kemudian, kita juga bantu dengan tanaman pengusir nyamuk seperti lavender, zodia, dan lainnya," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3749 personNurito
  2. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3328 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Derai Hujan Berintensitas Ringan Hingga Sedang Guyur Jakarta Hari Ini

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2780 personFolmer
  4. Kader PKK Taman Sari Panen 10 Kilogram Kangkung dan Bayam

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2725 personTP Moan Simanjuntak
  5. Komisi Informasi Apresiasi KPU DKI Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2024

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2653 personFolmer