You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pendaftaran Lomba Seni Bernuansa Religi di Kepulauan Seribu
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Puluhan Mahasiswa Diedukasi Transplantasi Terumbu Karang

Sebanyak 40 mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Teknik Industri (IMTI) Universitas Indonesia melakukan kegiatan pelestarian dan restorasi terumbu karang di perairan Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu.

M elestarikan alam

Lurah Pulau Panggang, Muhammad Fakih Burhanudin menyambut baik kegiatan positif para mahasiswa tersebut dalam rangka berkontribusi menjaga pelestarian jenis dan ekosistem di perairan Kepulauan Seribu. Selama kegiatan di Pulau Pramuka mereka didampingi oleh Smiling Coral Indonesia

"Generasi muda seperti ini yang akan meneruskan perjuangan menjaga negeri, melestarikan alam, dan merawat bumi. Kegiatan ini menjadi satu langkah nyata  pengabdian bagi negeri dan alam," ujarnya, Jumat (31/5).

Kepulauan Seribu Jaga Ekosistem Laut Melalui Transplantasi Karang

Fakih menjelaskan, selain melakukan transplantasi terumbu karang, para mahasiswa dari IMTI UI juga mengadakan penanaman mangrove, pelepasan tukik, dan bersih lingkungan untuk menjaga kelestarian ekosistem bawah laut.

"Tentu kegiatan mereka ini sangat berharga dan dampaknya bukan sekarang, tapi untuk 5-10 tahun mendatang. Semoga kegiatan positif ini bisa menularkan kepada masyarakat lainnya, dengan mencintai kebersihan dan menjaga lingkungan," imbuhnya.

Ketua Smiling Coral Indonesia sekaligus Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Pramuka, Hermansyah menambahkan, puluhan mahasiswa ini diberikan edukasi penanaman karang di area perairan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Aksi penanaman transplantasi karang sebanyak empat media rocklife (40 bayi coral).

"Mereka diberikan kesempatan melaksanakan aktivitas snorkeling di area taman bawah laut untuk melakukan penanaman langsung. Kemudian, penanaman mangrove yang dilakukan adalah dengan metode rumpun berjarak dan aksi bersih-bersih pantai," bebernya.

Menurutnya, program pelestarian terumbu karang menjadi upaya menjaga ekosistem, sekaligus keanekaragaman hayati laut.

"Terumbu karang yang baik dan bagus dapat meningkatkan produktivitas perikanan, dengan begitu dapat memberikan pemasukan ekonomi berkelanjutan kepada masyarakat dan memberikan solusi dalam mengatasi permasalahan krisis iklim global," bebernya.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa UI, Adelia (22) mengaku senang bisa terlibat dalam kegiatan tersebut.

"Ini pengalaman pertama saya untuk transplantasi terumbu karang, penanaman mangrove. Sangat menyenangkan karena bisa berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan kita," pungkasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1213 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye818 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati