You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin LH Gelar Uji Emisi di Kantor Walikota Jakut
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

57 Kendaraan Diuji Emisi Gratis di Kantor Wali Kota Jakarta Utara

Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Utara menggelar uji emisi gratis kendaraan bermotor di halaman Plaza Barat Kantor Wali Kota setempat. Sebanyak 57 berhasil berhasil dilakukan uji emisi hari ini.

M eningkatkan kualitas udara 

Kepala Suku Dinas LH Jakarta Utara, Edy Mulyanto mengatakan, kegiatan uji emisi ini dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni sekaligus menyambut HUT ke-497Jakarta pada 22 Juni mendatang.

"Kita mengadakan layanan uji emisi secara gratis sebagai upaya meningkatkan kualitas udara di Jakarta. Ke depan, layanan ini akan digelar seminggu sekali setiap hari Selasa," ujarnya, Selasa (4/6).

Sudin LH Jaksel Uji Emisi 76 Kendaraan

Edi menjelaskan, layanan ini merupakan implementasi dari Peraturan Gubernur DKI (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Ia merinci, kendaraan yang diuji emisi terdiri dari 40 kendaraan roda dua, 16 mobil berbahan bakar bensin dan satu unit berbahan bakar solar.

"Sebanyak 10 unit kendaraan roda dua dinyatakan tidak lulus uji emisi. Kita sarankan untuk melakukan perbaikan dan perawatan kendaraan secara rutin agar lulus uji emisi," terangnya.

Ia menambahkan, Suku Dinas LH Jakarta Utara juga akan memberikan layanan jemput bola uji emisi gratis di tingkat kelurahan hingga RW. Sehingga, bisa semakin memudahkan masyarakat yang ingin melakukan uji emisi.

"Kita sudah punya mobil keliling uji emisi yang lengkap. Nantinya, mobil ini akan menyambangi masing-masing kelurahan maupun RW," ungkapnya.

Edi.menuturkan,  kesadaran masyarakat untuk melakukan uji emisi sudah cukup tinggi, bahkan di Jakarta Utara sudah lebih dari 51 persen masyarakatnya telah lakukan uji emisi.

"Kami berkomitmen meningkatkan kualitas udara di Jakarta. Saya mengimbau pemilik kendaraan rutin melakukan perawatan," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang pemilik kendaraan, pensiunan ASN Pemkot Jakarta Utara, Tri Kurniadi (58) mengaku senang karena kendaraannya telah lulus uji emisi.

Ia mengungkapkan, dengan adanya layanan uji emisi gratis ini sangat membantu, sekaligus menyumbang pengurangan polusi udara di Jakarta.

"Alhamdulillah lulus, saya sangat mendukung sekali program ini. Adanya layanan ini kita bisa tahu kondisi kendaraan kita," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1165 personFolmer
  2. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1094 personAnita Karyati
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1085 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye891 personNurito
  5. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye890 personTiyo Surya Sakti