You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Upacara HUT RI ke 70 Digelar di Tugu Proklamasi
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Peringatan Kemerdekaan Dipusatkan di Tugu Proklamasi

Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan upacara Hari Kemerdekaan RI ke-70 di Tugu Proklamasi, Jalan Proklamasi Nomor 56, Menteng, Jakarta Pusat. Kegiatan Hari Kemerdekaan kali ini berbeda seperti tahun sebelumnya yang digelar DKI di Monumen Nasional (Monas).

Kegiatan perayaan Hari Kemerdekaan tidak lagi dipusatkan di Monas, tetapi di Tugu Proklamasi

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, seluruh kegiatan formal perayaan detik-detik proklamasi hingga upacara Hari Kemerdekaan dipusatkan di kawasan Tugu Proklamasi.

“Kegiatan perayaan Hari Kemerdekaan tidak lagi dipusatkan di Monas, tetapi di Tugu Proklamasi. Untuk itu, kawasan ini harus disiapkan sedini mungkin sehingga pada tanggal 16 dan 17 Agustus, kawasan ini sudah siap dijadikan sebagai pusat kegiatan 70 tahun Indonesia merdeka,” kata Djarot di Tugu Proklamasi, Jumat (7/8).

Djarot Kecewa Tugu Proklamasi Tak Terawat

Djarot mengungkapkan, kegiatan ini sengaja dipusatkan di Tugu Proklamasi agar seluruh bangsa Indonesia dan masyarakat dunia dapat mengetahui sejarah kemerdekaan Indonesia. Bahwa di kawasan Tugu Proklamasi, Presiden dan Wakil Presiden RI pertama, Soekarno dan Muhammad Hatta mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia. Dengan membacakan teks proklamasi yang paling singkat di dunia.

“Bangsa Indonesia dan masyarakat dunia harus mengetahui bahwa di kawasan ini, 70 tahun lalu, Bung Karno dan Bung Hatta mendeklarasikan Kemerdekan Indonesia. Disinilah tempatnya, kemerdekaan Indonesia diproklamirkan. Kita harus mengenalkan sejarah ini dengan memperkenalkan tempatnya,” ujar mantan anggota DPRD Jawa Timur ini.

Alhasil, lanjut Djarot, setelah dikenal oleh masyarakat luas, nantinya kawasan Tugu Proklamasi dapat menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Jakarta.

“Ke depan kawasan ini bisa menjadi destinasi wisata sejarah yang baru di Jakarta, bukan hanya Tugu Monas saja,” tegas Djarot.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Langit Jakarta Cerah di Pagi Hari

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2987 personAnita Karyati
  2. 9.000 Lebih Wisatawan Kunjungi TMII

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2933 personNurito
  3. KI-Bawaslu DKI Bersinergi Sukseskan Pilkada Jakarta

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2916 personAnita Karyati
  4. Perbaikan Jalan YRS III Tuntas

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2873 personTiyo Surya Sakti
  5. Kasatpol PP: Pemasangan Alat Peraga Harus Sesuai Perda

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2676 personAldi Geri Lumban Tobing