You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Nama Jalan Proklamasi Akan Diganti Jadi Pegangsaan Timur
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Jl Proklamasi Diganti Menjadi Jl Pegangsaan Timur

Nama Jalan Proklamasi di Menteng, Jakarta Pusat akan diganti menjadi Jalan Pegangsaan Timur. Pergantian nama jalan dilakukan mengingat sejarah kemerdekaan Indonesia karena di tempat ini dibacakan teks proklamasi oleh Soekarno - Hatta pada 17 Agustus 1945.

Kami sedang memproses pergantian nama jalan seperti awal karena Jalan Pegangsaan Timur hingga saat ini masih tercatat dalam teks sejarah, jalan ini adalah Jalan Pegangsaan Timur

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, jalan yang menjadi lokasi Tugu Proklamasi semula bernama Jalan Pegangsaan Timur. Namun, pemerintah mengganti nama menjadi Jalan Proklamasi mengikuti nama Tugu Proklamasi.

"Kami sedang memproses pergantian nama jalan seperti awal karena Jalan Pegangsaan Timur hingga saat ini masih tercatat dalam teks sejarah, jalan ini adalah Jalan Pegangsaan Timur. Nomornya tetap 56,” kata Djarot di Tugu Proklamasi, Jumat (7/8).

Peringatan Kemerdekaan Dipusatkan di Tugu Proklamasi

Djarot mengaku kerancuan sejarah dialami oleh pelajar, termasuk putrinya. Sebab, saat ia bersama putrinya berkunjung ke Tugu Proklamasi, sang anak sempat bertanya dimana Jalan Pegangsaan Timur.

“Anak saya, waktu kesini bertanya, Ayah, mana Jalan Pegangsaan Timur. Dicari-cari, kok tidak ketemu. Adanya Jalan Proklamasi. Makanya akan kami ubah lagi menjadi nama Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56,” ungkap Djarot.

Djarot menjelaskan, pergantian nama Jalan Proklamasi menjadi Jalan Pegangsaan Timur akan diusulkan ke pemerintah pusat dalam waktu dekat. "Kami optimis pergantian nama ini akan direstui oleh pemerintah pusat mengingat sejarah yang harus dijaga," jelasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye3491 personTiyo Surya Sakti
  2. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3255 personNurito
  3. 113 Ribu Warga Non DKI Urus Kepindahan Dokumen Sesuai Domisili

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2527 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. PT JIP Hadirkan Penerangan Jalan Umum Pintar di Kawasan Gunawarman

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2525 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Kesit B Handoyo Terpilih Jadi Ketua PWI Jaya 2024-2029

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2485 personFolmer