You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Perpustakaan Beranda Ilmu SMAN 78 Siap Bersaing di Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Beranda Ilmu SMAN 78 Siap Bersaing di Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional

Perpustakaan Beranda Ilmu SMAN 78 Jakarta telah melewati tahap visitasi oleh Juri Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2024.

"Perpustakaan Beranda Ilmu melalui proses pengembangannya dalam persiapan ke tingkat nasiona,"

Kegiatan visitasi tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Provinsi DKI Jakarta, Firmansyah; Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwanto, Tim Juri dan Tim Perpustakaan Nasional.

Firmansyah mengatakan, Perpustakaan Beranda Ilmu SMAN 78 Jakarta merupakan salah satu nominasi pada Klaster II Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Nasional Tahun 2024.

Dispusip - STHI Jentera Bangun Kesadaran Hak Cipta di Perpustakaan

“Setelah ditetapkan menjadi yang terbaik di tingkat provinsi, Perpustakaan Beranda Ilmu melalui proses pengembangannya dalam persiapan ke tingkat nasional dengan pendampingan oleh Dispusip Provinsi DKI Jakarta,” ujar Firmansyah, Jumat (19/7).

Firman menyampaikan, Tim Juri yaitu Pakar Bidang Perpustakaan dan Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional, Sri Sumekar dan Pakar Bidang Sistem Informasi Perpustakaan dan Akademisi bidang Ilmu Komputer Institur Pertanian Bogor, Firman Ardiansyah.

Ia menjelaskan, Tim Juri didampingi Tim Perpustakaan Nasional melakukan visitasi dan penilaian untuk memvalidasi keaslian bukti dukung dan meninjau langsung program perpustakaan yang berdampak terhadap peningkatan kecakapan literasi siswa serta bersinergi dengan program pembelajaran merdeka.

“Serangkaian penilaian pada tahap visitasi lapangan meliputi tahap presentasi oleh kepala perpustakaan, pemutaran video profil, wawancara, verifikasi keaslian bukti dukung serta peninjauan ruang dan area perpustakaan oleh tim juri tingkat nasional,” kata Firmansyah.

Ia mengatakan, Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Tahun 2024 ini menitikberatkan pada penilaian peran dan fungsi perpustakaan dalam program pembelajaran dan peningkatan literasi siswa serta mengukur dampak program kerja perpustakaan terhadap program pembelajaran yang berkelanjutan.

Ia menambahan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ini bertujuan untuk mewujudkan peran perpustakaan SMA/SMK/MA sebagai perpustakaan rujukan bagi siswa dan guru dalam akses informasi dan pengetahuan untuk mendukung merdeka belajar dan kecakapan literasi, kegemaran membaca serta mendukung implementasi kurikulum sekolah/madrasah sesuai visi dan misi pendidikan secara nasional di Indonesia.

“Diharapkan dengan Visitasi yang telah dilakukan oleh juri, Perpustakaan Beranda Ilmu SMAN 78 Jakarta mendapatkan nilai yang baik dan keluar menjadi Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2024,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kebakaran di Jalan Lapangan Ros III Diduga Akibat Korsleting Listrik

    access_time04-09-2024 remove_red_eye1136 personTiyo Surya Sakti
  2. Jakarta Diprediksi Tanpa Hujan Hari Ini

    access_time01-09-2024 remove_red_eye985 personAnita Karyati
  3. Transjakarta Raih Penghargaan Perusahaan Populer di Sektor Transportasi Darat

    access_time04-09-2024 remove_red_eye967 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Rekayasa Lalin Diberlakukan Selama Kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta

    access_time02-09-2024 remove_red_eye841 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Edukasi Transportasi, Transjakarta Luncurkan Miniatur Bus

    access_time02-09-2024 remove_red_eye836 personAldi Geri Lumban Tobing