You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Tim Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Nasional Sambangi Sunter Jaya
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Nasional Verlap di Kelurahan Sunter Jaya

Tim Penilai Penjaringan Lomba Kelurahan Tingkat Nasional melakukan verifikasi lapangan (verlap) di Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Verlap ini dalam rangka penilaian lima besar Tingkat Regional 2 Wilayah Jawa-Bali.  

M enilai kesesuaian data dan informasi 

Ketua Tim Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Nasional Regional Wilayah 2 Jawa-Bali, Otto Sugiharto Prakoso mengatakan, pelaksanaan lomba desa/kelurahan tahun 2024 mengusung tema "Wujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Belanja Desa dan Kelurahan yang Berkualitas".

Menurutnya, penilaian lomba dilaksanakan melalui beberapa tahapan, mulai dari penilaian administrasi, verifikasi lapangan, pemaparan calon juara lomba, dan terakhir penetapan juara.

Aspem Buka Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Tahun 2024

"Verlap di Kelurahan Sunter Jaya untuk menilai kesesuaian data dan informasi yang disampaikan dalam dokumen dengan kondisi nyata yang ada di lapangan. Kemudian, kami juga menggali lebih dalam terkait potensi keunggulan dan inovasi yang ada di lokasi," ujarnya, Rabu (21/8).

Ia mengucapkan selamat kepada Kelurahan Sunter Jaya, Jakarta Utara yang masuk nominasi lima besar terbaik dari 2.879 kelurahan yang ada di Tingkat Regional 2 Wilayah Jawa-Bali.

Jika Kelurahan Sunter Jaya lolos verlap dan masuk dalam tiga besar, nantinya akan dilanjutkan dengan pemaparan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI untuk menentukan kelurahan terbaik di Wilayah Regional 2.

"Hasil seluruh verlap wilayah ini akan dikumpulkan untuk diolah dan digali bersama tim penilai. Pada minggu kedua September akan ada sidang pleno. Semoga, kelurahan Sunter Jaya bisa jadi yang terbaik," imbuhnya.

Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan, lomba desa/kelurahan merupakan salah satu rangkaian yang penting dalam penyelenggaraan pemerintah kelurahan untuk menilai efektivitas, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, serta daya saing kelurahan melalui pembangunan Indonesia dengan memperkuat daerah dan kelurahan.

"Suatu kebanggan bagi kami terutama Jakarta Utara untuk kali kedua secara berturut-turut diberikan amanah dan kepercayaan mewakili DKI Jakarta masuk lima besar pada lomba kelurahan tingkat nasional," ungkapnya.

Sigit menuturkan, pencapaian yang diraih Kelurahan Sunter Jaya tidak terlepas dari dukungan yang kuat dari berbagai pihak, komponen masyarakat dan pemerintahnya.

"Hal ini dibuktikan oleh Kelurahan Sunter Jaya yang telah menjalani berbagai tahapan penilaian secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kota, hingga juara satu di tingkat provinsi DKI Jakarta sampai dengan tahap penilaian verlap tingkat nasional," bebernya.

Pada perhelatan lomba tersebut, kata Sigit, Kelurahan Sunter Jaya, bersaing dengan Kelurahan Pudakpayung, Kota Semarang, Jawa Tengah; Kelurahan Rejowinangun, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta; Kelurahan Jemur Wonosari, Kota Surabaya, Jawa Timur; dan Kelurahan Nusa Jaya, Kota Tangerang, Banten.

"Harapan besar kami Kelurahan Sunter Jaya dapat memperoleh hasil yang terbaik dan berlanjut ke tahap berikutnya. Minimal dapat juara seperti tahun lalu, Juara 1," harapnya.

Sementara itu, Lurah Sunter Jaya, Eka Persilian Yeluma menyambut baik kehadiran Tim Penilai Penjaringan Lomba Kelurahan tingkat Nasional.

"Kami telah mempersiapkan sejak lama. Kelurahan Sunter Jaya mempunyai program unggulan dan inovasi yang banyak di berbagai bidang sehingga kami optimistis bisa menjadi juara," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1214 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1039 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye830 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye771 personBudhi Firmansyah Surapati