Puskesmas Tanah Abang Prioritaskan Layanan Ramah Anak
Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, memberikan prioritas layanan bagi pasien anak, serta melakukan penyesuaian terhadap sarana dan prasarana bagian poli yang berhubungan dengan anak.
"Agar anak lebih nyaman dan tidak takut mengakses layanan kesehatan di Puskesmas,"
Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Ovi Norfiana mengatakan, peningkatan layanan kesehatan ramah anak ini mempertimbangkan angka pasien anak yang selama Juli lalu mencapai 1.580 pasien.
Dijelaskan Ovi, bentuk layanan kesehatan ramah anak dilakuakn pihaknya dengan membuat mural bertema anak-anak pada Poli Balita sakit, imunisasi, gigi, jiwa serta Poli kekerasan perempuan dan anak.
Kawasan Layanan Terintegrasi Ramah Anak Diresmikan di Kramat Jati"Dokter di poli anak juga mengenakan jas bermotif kartun saat melayani," kata Ovi, Rabu (21/8).
Lalu terhadap pasien anak,lanjut Ovi, pihaknya juga menyiapkan mainan dan stiker sebagai souvenir usai melakukan pemeriksaan.
"Tujuannya agar membuat anak lebih nyaman dan tidak takut
untuk mengakses layanan kesehatan di Puskesmas," tegasnya.Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Chaidir, mengapresiasi peluncuran layanan ramah anak di Puskesmas Kecamatan Tanah Abang. Ia berharap peningkatan layanan ini bisa menjadi contoh bagi yang lain.
"Puskesmas adalah pusat pelayanan pada kesehatan yang terdepan bagi masyarakat. Makanya tepat bila dibuat nyaman dan ramah anak," tandasnya.