You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pelajar, SDN Kalibaru 05, Wisata Edukasi, RPTRA Muara Sunter
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Peserta Didik SD Negeri Kalibaru 05 Diedukasi Pengelolaan Sampah

Sebanyak 170 peserta didik SD Negeri Kalibaru 05, Kelurahan Kalibaru, Cilincing, mengikuti wisata edukasi pengelolaan sampah dan peduli lingkungan di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Sunter Muara, Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

M embuat eco enzyme

Kepala Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup (Satpol LH) Kecamatan Tanjung Priok, Leo Tantino mengatakan, dalam pemberian materi pilah sampah dan pembuatan eco enzyme ini pihaknya mengerahkan tiga personel dibantu pengurus RW setempat.

Menurutnya, pembuatan eco enzyme menjadi salah satu upaya mengurangi volume sampah. Selain itu, cairan ini juga mempunyai seribu manfaat atau multi fungsi yang berguna untuk menggantikan bahan kimia di rumah.

DWP DKI Ajak Anak Panti Wisata Edukasi di Ancol

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa diterapkan di sekolah mereka. Selain dijadikan pupuk organik, cairan ini bisa menjadi pembersih ruangan kelas dan sebagainya," ujarnya, Jumat (30/8)

Guru Pendamping SD Negeri Kalibaru 05, Desy mengucapkan terima kasih kepada jajaran Satpel LH Kecamatan Tanjung Priok dan RW 05 Sunter Agung yang sudah memberikan ilmu bermanfaat bagi peserta didiknya.

"Sebanyak 170 pelajar yang mengikuti kegiatan ini merupakan murid kelas 5 dan 6," terangnya.

Desy menjelaskan, kegiatan kunjungan seperti ini kerap dilakukan pihak sekolah, sesuai dengan kurikulum pembelajarannya.

"Para pelajar sangat antusias dan senang, terutama saat mereka membuat eco enzyme. Tentunya ini menjadi ilmu dan wawasan baru yang tidak terlupakan bagi mereka," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua RW 05 Sunter Agung, Nurus Shobah menuturkan,.kunjungan para peserta didik ini dalam rangka implementasi kurikulum P5 tentang pengelolaan limbah dan sampah, pada mata pelajaran mereka.

Melalui pembelajaran di luar kelas ini dapat menumbuhkan rasa semangat dan kesadaran sejak dini dalam menjaga lingkungan.

"Mereka diajarkan tentang urban farming, kemudian pemilahan sampah dari sumbernya dan pembuatan eco enzyme oleh Satpel LH Kecamatan Tanjung Priok," ucapnya.

"Pelajar dari SD Negeri Kalibaru 05 kita ajak praktik langsung membuat pupuk organik cair dengan menggunakan sisa sayuran. Kemudian, dilanjutkan panen sayuran hidroponik bersama," bebernya.

Ia berharap, para pelajar ini dapat menerapkan dan menyosialisasikan kegiatan ini di lingkungan tempat tinggalnya. Terlebih, pengelolaan sampah sendiri sudah menjadi program berkelanjutan pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang bersih, asri, dan sejuk.

"Kunjungan wisata edukasi ini bukan yang pertama, kami sangat terbuka untuk umum bagi yang ingin belajar pengelolaan sampah maupun urban farming," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Naik MRT, Transjakarta dan LRT Jakarta Hanya Rp1 pada Hari Pelantikan Presiden

    access_time18-10-2024 remove_red_eye3741 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Simak! Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden 20 Oktober

    access_time18-10-2024 remove_red_eye1442 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1301 personNurito
  4. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye1218 personTiyo Surya Sakti
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye998 personAldi Geri Lumban Tobing