You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Jaktim Miliki 24 Kampung Siaga Bencana
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Jaktim Miliki 24 Kampung Siaga Bencana

Wilayah Jakarta Timur, saat ini memiliki 24 Kampung Siaga Bencana (KSB). Seluruhnya tersebar di pemukiman padat penduduk yang dinilai rawan genangan dan kebakaran.

Untuk meningkatkan kepedulian warga dalam mencegah bencana. 

Plt kasudin Sosial Jakarta Timur, Abdul Salam mengatakan, pada wilayah rawan bencana itu telah disiapkan posko dan personel yang siaga melakukan penanganan awal bila terjadi bencana. Selain itu, mereka juga rutin mengedukasi warga untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran.  

"Pembentukan KSB ini untuk meningkatkan kepedulian warga dalam mencegah bencana. Kemudian ketika terjadi bencana seperti banjir dan kebakaran penanganan lebih cepat dilakukan," kata Salam, Senin (2/9).

BPBD Gelar Peningkatan Kapasitas Penanggulangan Bencana di Bintaro

Dijelaskan Salam, penanganan awal bencana yang dilakukan anatra lain menyiapkan lokasi posko pengungsian, dapur umum hingga lokasi posko bencana yang disiapkan untuk menampung bantuan sosial dari para donator

Kepaka Seksi Perlindungan Jaminan dan Rehabilitasi Sosial (Rehsos) Sudin Sosial Jakarta Timur, Denny Slamet menambahkan, setiap KSB beranggotakan 10-20 orang. Mereka berasal dari unsur pengurus RT/RW, anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana), pekerja sosial masyarakat dan pendamping social.

"Personel di KSB lebih dulu bergerak melakukan penanganan awal, ketika terjadi bencana di wilayahnya. Setelah itu, barulah dari jajaran pemerintah kota melakukan penanganan secara teknis," ungkap Deny.

Dia menjabarkan, 24 KSB yang ada saat ini adalah Kampung Rambutan, Cibubur, Ciracas, Cipinang Muara, Kampung Melayu, Bidara Cina. Kemudian Kelurahan Kampung Tengah, Dukuh, Cililitan, Cawang dan Balekambang.

Selanjutnya Kelurahan Cipinang Melayu, Kebon Pala, Pinang Ranti, Halim Perdanakusuma, Kebon Manggis, Pondok Bambu, Rawa Teratai, Cakung Barat dan Penggilingan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1214 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1037 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye826 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye771 personBudhi Firmansyah Surapati