You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin Tamhut Jakarta Utara Tangani 5.825 Pohon Rawan Tumbang
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Sudin Tamhut Jakarta Utara Tangani 5.825 Pohon Rawan Tumbang

Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Sudin Tamhut) Jakarta Utara telah melakukan penanganan terhadap 5.825 pohon rawan tumbang selama periode Januari hingga Agustus 2024.

B erdasarkan enam kategori 

Kepala Seksi Jalur Hijau, Sudin Tamhut Jakarta Utara, Priharto Budi Susilo mengatakan, penanganan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang maupun dahan sempal, terutama saat hujan deras disertai angin kencang.

"Penanganan dilakukan berdasarkan enam kategori yakni, ringan, sedang, berat, tebang, sempal, dan rawan tumbang," ujarnya, Jumat (6/9).

Wali Kota Jakut Resmikan Taman Superkrane di Cilincing

Priharto menjelaskan, penanganan yang dilakukan berdasarkan hasil pemantauan dan laporan warga dengan melihat langsung kondisi pohon, baik sudah mati, keropos, atau terlalu rimbun.

"Bagi warga Jakarta yang melihat di kawasan rumah atau jalan ada pohon rimbun atau rawan tumbang dapat segera melapor melalui fitur JakLapor pada aplikasi JAKI atau petugas terdekat," terangnya.

Ia merinci, dalam periode Januari hingga Agustus, sebanyak 385 pohon dipangkas ringan, 4.037 pohon dipangkas sedang, 1.039 pohon dipangkas berat, dan 199 lainnya dilakukan penebangan. Pemangkasan juga dilakukan saat terjadi pohon tumbang, tercatat pohon sempal sebanyak 13 pohon dan tumbang 152 pohon.

"Untuk penanganan pohon-pohon itu pengerjaan ini kami mengerahkan personel yang ada di enam kecamatan serta tim dari Sudin atau tingkat kota. Mereka dilengkapi peralatan pendukung dan kendaraan dinas operasional," ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya perawatan pohon yang berada di jalur hijau jalan raya, lingkungan, taman, dan lain sebagainya agar tetap terawat dan tertata rapi. Sekaligus, menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat.

"Adanya pemangkasan atau penebangan pohon ini juga diiringi penanaman pohon karena keberadaan pohon juga penting untuk penghijauan serta meminimalisir polusi udara di Jakarta," bebernya.

Sementara itu, salah seorang warga Koja, Lutfiana (29) mengapresiasi respons cepat dan kinerja petugas Sudin Tamhut Jakarta Utara dalam melakukan pemangkasan dan penanganan pohon rawan tumbang.

"Supaya lingkungan selalu terjaga dengan baik, terlihat terang, rapi dan terawat.

Tindak lanjut dari Pemprov sendiri sudah sangat bagus. Saya pernah melapor terkait pohon rimbun di dekat rumah, keesokannya petugas langsung datang ke lokasi melakukan penanganan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1209 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1085 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1030 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye779 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye765 personBudhi Firmansyah Surapati