You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kepulauan Seribu, sosialisasi, Transplantasi, Karang
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Dinas KPKP Sosialisasi Transplantasi Karang di Pulau Tidung

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bersama Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu mengadakan sosialisasi pelaksanaan transplantasi karang di Ruang Pertemuan Kantor Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. 

D ijaga dan dipertahankan

Pelaksanaan sosialisasi diikuti 50 orang perwakilan masyarakat dan kelompok Daerah Perlindungan Laut Berbasis Masyarakat (DPL BM) di Kepulauan Seribu.

Pengelola Ekosistem Laut dan Pesisir Ahli Muda Dinas KPKP DKI Jakarta, Supriyadi Saleh mengatakan, sosialisasi ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut serta melindungi kawasan pesisir dari dampak perubahan iklim, seperti kenaikan muka air laut maupun intensitas badai.

Puluhan Mahasiswa Diedukasi Transplantasi Terumbu Karang

"Perairan Jakarta mempunyai kekayaan dan keragaman hayati yang cukup tinggi, sangat penting untuk dijaga dan dipertahankan," ujarnya, Selasa (10/9).

Supriyadi menjelaskan, terumbu karang mempunyai peranan penting dalam mitigasi iklim, di antaranya, mengurangi energi gelombang laut karena terumbu karang dapat menjadi penghalang alami gelombang sebelum mencapai daratan.

Kemudian, menjadi penguat ketahanan ekosistem karena terumbu karang yang sehat mendukung keanekaragaman hayati laut lainnya.

"Terumbu karang yang sehat dapat menguatkan mata pencarian masyarakat karena ikan-ikan banyak tumbuh dan hasil tangkapan akan banyak. Tidak kalah penting, bisa menjadi daya tarik wisatawan juga," ungkapnya.

Melalui sosialisasi ini, Supriyadi berharap, masyarakat dan anggota DPL BM dapat ikut aktif berperan dalam pelaksanaan rehabilitas terumbu karang, sekaligus menjaganya. Terlebih, perairan Kepulauan Seribu dapat menjadi tempat pengembangan budi daya terumbu karang berbasis kawasan dan berkelanjutan.

"Apabila rehabilitas terumbu karang berhasil, tentu wilayah Kepulauan Seribu menjadi lebih tangguh dalam menghadapi ancaman iklim serta masyarakatnya sejahtera," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Kepulauan Seribu Selatan, Windu Cahyaningsih mengapresiasi Dinas KPKP Jakarta dan Sudin KPKP Kepulauan Seribu yang terus mengajak dan mengingatkan masyarakat untuk menjaga kelestarian ekosistem laut maupun mencegah kerusakannya.

Menurutnya, terumbu karang yang tumbuh dengan sehat dan cantik akan menjadi daya tarik pecinta diving. Sehingga, diharapkan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Seribu.

"Tidak hanya nelayan saja yang diuntungkan dengan jumlah ikan yang semakin banyak, tetapi pelaku usaha di bidang industri pariwisata juga akan merasakan dampaknya," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Dinkes Gelar Serangkaian Acara Peringatan Hari Farmasi Sedunia

    access_time25-09-2024 remove_red_eye1197 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Transjakarta Adakan Bazar UMKM di Halte CSW

    access_time23-09-2024 remove_red_eye1014 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Pemprov DKI Telah Distribusikan 5.389 Paket Makan Bergizi Gratis

    access_time23-09-2024 remove_red_eye1004 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. 560 Satpol PP Jaktim Siap Bantu Amankan Pilkada DKI

    access_time27-09-2024 remove_red_eye889 personNurito
  5. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Hingga Mendung

    access_time22-09-2024 remove_red_eye823 personTiyo Surya Sakti