You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Wakil Ketua Komisi A Dukung Disdukcapil Gercep Beri Layanan ke Penyintas Kebakaran
.
photo Mochamad Tresna Suheryanto - Beritajakarta.id

Layanan Jemput Bola Adminduk Penyintas Kebakaran Kemayoran Diapresiasi Dewan

Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, Alia Noorayu Laksono mengapresiasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta yang sudah gerak cepat (Gercep) mengadakan layanan jemput bola administrasi kependudukan (Adminduk) kepada penyintas kebakaran di Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Tanggap terhadap situasi krisis"

Menurut Alia, layanan jemput bola yang dilakukan Disdukcapil merupakan langkah nyata kepedulian pemerintah untuk memenuhi kebutuhan warganya yang terdampak bencana. 

"Gerak cepat Dinas Dukcapil DKI Jakarta dalam memberikan layanan jemput bola bagi penyintas kebakaran di Kelurahan Kebon Kosong patut diapresiasi," ujarnya, Kamis (12/12).

Komisi C Dukung Dishub Optimalkan Penerimaan Retribusi

Alia mengatakan, posko layanan Adminduk menunjukkan respons proaktif Pemprov dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan kembali dokumen-dokumen kependudukan yang hilang atau rusak akibat kebakaran. 

"Kehadiran posko layanan Adminduk di lokasi bencana menunjukkan bahwa Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Dukcapil, tanggap terhadap situasi krisis dan siap memberikan pelayanan yang dibutuhkan dalam waktu singkat," terangnya.

Melalui layanan tersebut, Alia menambahkan, hak sipil penyintas kebakaran pun tetap terjamin dengan menyediakan dokumen kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran. Dokumen tersebut penting dimiliki agar masyarakat tetap bisa mengakses berbagai layanan, termasuk bantuan sosial, pendidikan, dan kesehatan.

Alia menilai, layanan jemput bola yang dilakukan Dinas Dukcapil bisa membantu meringankan beban penyintas kebakaran baik dari segi waktu maupun biaya.

"Kehadiran pemerintah daerah di lokasi bencana memberikan dorongan moril yang penting bagi para penyintas kebakaran," ungkapnya.

Ia berharap, agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) terus memastikan kemudahan layanan bagi para penyintas kebakaran, di antaranya dengan melakukan sosialisasi layanan sehingga seluruh warga terdampak bisa memanfaatkannya dengan baik. 

"Petugas di lapangan harus memberikan pelayanan yang ramah dan responsif. Penyintas tidak hanya membutuhkan dokumen, tetapi juga pendampingan yang manusiawi dalam situasi sulit," bebernya

Alia juga mengusulkan agar Dinas Dukcapil bisa memperpanjang layanan hingga seluruh warga terdampak bisa merasakan kemudahan akses yang diberikan Pemprov DKI.

"Pengurus RT/RW serta relawan di lokasi dapat membantu mendata warga yang kehilangan dokumen agar proses pengurusan lebih terstruktur dan tidak ada yang terlewatkan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kolaborasi Transjakarta - Telkomsel Tingkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

    access_time19-12-2024 remove_red_eye1308 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Tetapkan UMSP 2025, Ini Rinciannya

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1167 personFolmer
  3. Operasi Modifikasi Cuaca Efektif Kurangi Curah Hujan di DKI

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1159 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Pemprov DKI Raih Penghargaan Indeks Reformasi Hukum dari Kementerian Hukum RI

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1008 personFolmer
  5. Halte Simpang Pramuka dan Rawamangun Ditutup, Transjakarta Lakukan Penyesuaian Layanan

    access_time18-12-2024 remove_red_eye993 personAldi Geri Lumban Tobing