You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Optimalkan Pertanian Lahan Sempit, DKPKP Gandeng BPTP
.
photo Andry - Beritajakarta.id

Optimalkan Pertanian Lahan Sempit, DKPKP Koordinasi dengan BPTP

Untuk mengoptimalkan program pertanian kota di lahan sempit, jajaran Dinas Pertanian Kelautan dan Ketahanan (DKPKP) DKI berkoordinasi dengan Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta.

Untuk melaksanakan pertanian perkotaan dengan memanfaatkan lahan sempit di perkotaan, mutlak diperlukan adanya dukungan inovasi teknologi

Koordinasi tersebut berupa dukungan inovasi teknologi dalam pengembangan budidaya sayuran lewat sistem vertikultur, hydroponik, aerophonik, dan vertiminaphonik.

"Untuk melaksanakan pertanian perkotaan dengan memanfaatkan lahan sempit di perkotaan, mutlak diperlukan adanya dukungan inovasi teknologi," kata Darjamuni, Kepala DKPKP DKI, Rabu (19/8).

PKK Jakpus Tanam 1.000 Bibit Pohon Cabai

Atas dasar itu, kata Darjamuni, pihaknya berinisiatif meminta dukungan dari lembaga penelitian seperti BPTSP Jakarta untuk menerapkan teknologi yang bisa membantu dalam mempercepat program pertanian perkotaan di lahan sempit.

‎"Kita meminta BPTP bantu program pertanian perkotaan yang sekarang ini tengah digalakkan Pemprov DKI dengan teknologi mereka sehingga teknologi yang dihasilkan para peneliti di BPTP dapat diterapkan di masyarakat," tuturnya.

Dalam kunjungannya ke Kantor BPTP beberapa waktu lalu, lanjut Darjamuni, pihaknya melihat beberapa proses dan hasil dari teknologi BPTP yang dapat mendukung program pertanian perkotaan di ibu kota.

"Kita tertarik terhadap teknologi pertanian di sana yang cukup dilakukan di ruangan tertutup‎ dengan memanfaatkan cahaya lampu biasa, tetapi mampu menghasilkan sayuran tumbuh subur dan sehat," ungkapnya.

‎Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKPKP DKI, Sri Haryati menambahkan, program pertanian kota di lahan sempit bisa lebih cepat berhasil apabila ada bantuan lembaga penelitian dari BPTP Jakarta.

‎"Secara keseluruhan kita merasa puas dan optimis program kita akan berhasil," ujarnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1222 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1117 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1047 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye932 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye891 personAldi Geri Lumban Tobing