You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
bangku taman menteng
Fasilitas sosial dan fasilitas umum seringkali disalah gunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Salah satunya yakni sebuah bangku taman yang berada di kawasan Dukuh Atas, digergaji dan dicuri sebagian. Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta a.
photo doc - Beritajakarta.id

Bangku Taman Dicuri, Distamkan Gandeng TNI/Polri

Kasus pencurian bangku taman yang dipasang di sejumlah jalan protokol di ibu kota sangat meresahkan. Untuk mengantisipasi kasus ini terulang kembali, Dinas Pertamanan dan Pemakaman (Distamkan) DKI Jakarta akan menggandeng TNI/Polri untuk mengawasi dan mengamankan keberadaan bangku taman tersebut dari tangan-tangan jahil. 

Kita akan bekerja sama dengan pihak TNI/Polri untuk mengawasi bangku taman dari tangan-tangan jahil

"Kita akan bekerjasama dengan pihak TNI/Polri untuk mengamankan bangku taman dari tangan-tangan jahil," kata Ratna Dyah, Kepala Bidang Taman Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Selasa (15/4).

Selain itu, kata Ratna, warga Jakarta juga diharapkan ikut serta menjaga dan mengawasi bangku taman ini dari ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

DKI Akan Bikin Kapok Perusak Bangku Taman

"Kalau ada masyarakat yang melihat orang melakukan pengerusakan bisa langsung melapor ke pihak kepolisian," pintanya.

Pihaknya, kata Ratna, saat ini masih menginventarisir berapa jumlah bangku taman hasil sumbangan Corporate Sosial Responsibility (CSR) perusahaan swasta yang dirusak dan dicuri oknum di atas trotoar ibu kota.

Namun berdasarkan data sementara, dari 340 jumlah bangku taman yang dibangun di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin hingga Jalan Medan Merdeka Barat sejak 2013 lalu, empat di antaranya hilang dicuri, dan dua unit dirusak orang.

"Data yang kita miliki, bangku yang rusak ada dua unit dan yang hilang atau dicuri ada empat unit. Lokasinya di Jalan Sudirman depan FX dan lapangan golf Senayan. Selebihnya akan kita data lagi," jelasnya.

Ratna mengatakan, dua bangku taman yang dirusak itu telah dicopot dan dibawa ke gudang. Bangku tersebut selanjutnya akan diperbaiki kemudian dipasang kembali di tempatnya semula.

"Bangku yang rusak sudah masuk gudang. Setelah diperbaiki, tentunya akan kita pasang kembali," ujarnya.

Menurut Ratna, bangku taman berbahan kayu jati di sepanjang jalan protokol Sudirman-Thamrin itu disiapkan sebagai tempat beristirahat sementara para pejalan kaki ataupun warga pengguna transportasi massal.

"Rasa memiliki warga DKI masih minim, sehingga cuek ketika ada bangku yang dicuri," tuturnya.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Hendro Pandowo mengaku dinas terkait belum mengajak pihaknya berkoordinasi mengamankan bangku taman yang marak dicuri orang. Walau demikian, jajarannya tetap akan mengencarkan patroli di sepanjang titik penempatan bangku taman tersebut.

"Jika sudah merusak atau mencuri tentu masuk ranah pidana, dan pasti akan kita tindak," tegasnya.

Pantauan di lapangan, salah satu bangku trotoar di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, tepatnya depan perkantoran Bumi Putera berkondisi rusak. Di mana satu dari dua penyangga bangku berbahan besi yang ditanam di atas pedestrian hilang digergaji orang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1232 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1196 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1170 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1136 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1064 personNurito