You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 PPSU Manfaatkan Balai Kompos untuk Kelola Sampah
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

PPSU Manfaatkan Balai Kompos untuk Kelola Sampah

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur, menangani sampah di wilayahnya dengan memanfaatkan fasilitas bank sampah dan balai kompos yang tersedia.

H asil komposnya dibeli oleh warga sekitar, dengan harga jual Rp 5000 per lima kilogram. Uang hasil penjualan dikelola koperasi untuk kepentingan warga

Setidaknya ada tujuh bank sampah di kelurahan tersebut,  terdiri dari empat bank sampah komunal, dua bank sampah utama, dan satu balai kompos.

"Bank sampah komunal itu kegiatan mengumpulkan sampah yang sudah dipilah di satu lokasi, bisa jadi kantor RT atau RW, selanjutnya dibawa secara kolektif ke bank sampah utama. Dua bank sampah utama dan satu balai kompos itu yang ada kepengurusan dan dimenej pemasukan uangnya," kata Rima Dahlia, Lurah Malaka Sari, Senin (24/8).

PPSU, Bentuk Komitmen Gubernur Layani Warga

Dia mengatakan, keberadaan bank sampah dan balai kompos dapat mengurangi volume sampah sekaligus mengedukasi masyarakat bahwa sampah juga memiliki nilai ekonomi tinggi.

"Seperti Balai Kompos di RW 9 itu tujuannya mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos, sekaligus memudahkan mengolah sampah hasil kerja bakti. Balai kompos itu pengadaan kelurahan yang dipinjamkan untuk menstimulasi warga," terang Rima.

Dia menambahkan, pupuk kompos hasil pengolahan sampah tadi nantinya dibeli warga setempat dan hasilnya t dialirkan ke koperasi dan bendahara RT/ RW untuk kepentingan warga.

"Jadi hasil komposnya dibeli oleh warga sekitar, dengan harga jual Rp 5000 per lima kilogram. Uang hasil penjualan dikelola koperasi untuk kepentingan warga," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1216 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1096 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1041 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye836 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye776 personBudhi Firmansyah Surapati