You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Di Palmerah, Hewan Kurban Tak Penuhi Syarat Ditandai
.
photo Septradi Setiawan - Beritajakarta.id

Di Palmerah, Hewan Kurban Tak Penuhi Syarat Ditandai

Suku Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Barat melakukan pemeriksaan hewan kurban di penampungan, Komplek Sadang, Palmerah. Petugas menemukan sapi yang tidak layak untuk dijual menjadi hewan kurban.

Kalau di sini hanya satu yang masih dibawah umur. Dan sudah kita berikan tanda silang

"Kalau di sini hanya satu yang masih dibawah umur. Dan sudah kita berikan tanda silang," ujar Sri Astuti, Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Barat, Kamis (10/9).

Menurut Astuti, pemeriksaan dilakukan atas kesehatan hewan, surat perizinan dan juga kondisi kandang. "Makanan dan juga kandang mesti dijaga kebersihannya. Jangan sampai malah menimbulkan penyakit," tuturnya.

Hewan Kurban Belum Cukup Umur Ditemukan di Jaksel

Hewan kurban, lanjut Astuti, biasanya mengalami stress saat baru tiba di penampungan. Sebab dengan jarak tempuh sehari perjalanan, banyak goncangan dan juga tertular penyakit. "Kalau masih ringan kita berikan vitamin dan juga obati. Dan kita minta sementara untuk dipisahkan dari hewan lain, agar tidak tertular," ucapnya.

Astuti mengimbau kepada masyarakat yang ingin membeli hewan kurban untuk memilih penjual terpercaya. Dan yang lebih aman lagi, adalah yang sudah ada striker serta spanduk pemeriksaan kesehatan hewannya. "Harus pintar juga memilih hewan kurban, misalnya kondisi hewan tidak kusam, gerakannya lincah, dan cukup umur saat disembelih. Cukup umur itu sudah berusia dua tahun," katanya.

Astuti mengatakan, pihaknya juga akan melakukan pengecekan sejumlah penampungan penjualan hewan kurban di delapan kecamatan hingga 23 september mendatang. "Sudah kita siapkan 24 petugas untuk melakukan pengawasan khusus hewan kurban. Nanti petugas kita akan dibantu juga dari dokter hewan, dan lainny," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2096 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1203 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1078 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1021 personNurito
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye802 personAldi Geri Lumban Tobing