You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sodetan Ciliwung-KBT Rampung 2016
.
photo doc - Beritajakarta.id

Sodetan Ciliwung-KBT Rampung 2016

Pembangunan sodetan Ciliwung-KBT ditargetkan rampung pada tahun 2016 mendatang. Diperkirakan, sodetan akan mampu mengalirkan air dari Ciliwung ke KBT sebesar 60 meter kubik perdetik.

Kalau untuk sodetan tahun depan selesai

Secara teknis, pembangunan sodetan yang menggunakan teknologi Tunneling Boring Machine (TBM) tersebut menggunakan dua saluran pipa bawah tanah untuk menyalurkan air dari Sungai Ciliwung ke KBT. Diperkirakan, teknis pengerjaan membutuhkan waktu 20 bulan pengerjaan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera), Basuki Hadimuljono mengatakan, pembuatan saluran sodetan menggunakan teknologi dari Jepang serupa dengan pembangunan MRT. Untuk pembangunan sodetan dari wilayah Kelurahan Bidaracina (inlet) hingga ke Kebon Nanas, Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, pihaknya menganggarkan sebesar Rp 492 miliar.

Pembongkaran Bangunan di Bidara Cina Dimulai Akhir Oktober

"Pada musim penghujan debit air Ciliwung mencapai 570 meter kubik perdetik. Nantinya kalau sudah rampung akan kita bagi melalui sodetan ke KBT sebanyak 60 meter kubik perdetik," ujarnya, Senin (12/10).

Ditambahkan Basuki, selain sodetan, pihaknya pun tengah mengupayakan normalisasi Kali Ciliwung sepanjang 24,1 kilometer, mulai dari TB Simatupang hingga Manggarai. Nantinya, kali akan dinormalisasi hingga selebar sekitar 50 meter.

Selain itu, Pintu Air Manggarai sudah ditambah dari sebelumnya dua menjadi tiga pintu. Sehingga secara keseluruhan dapat menampung aliran Ciliwung sebesar 510 meter kubik perdetik. Selain itu, Kali Ciliwung Lama pun sudah dinormalisasi sehingga dapat menampung debit air sebesar 70 meter kubik perdetik.

"Secara keseluruhan proyek yang tengah kita kerjakan dapat menghindarkan banjir di Jakarta khususnya sepanjang aliran Ciliwung pada 2018 mendatang. Kalau untuk sodetan tahun depan selesai," ungkapnya.

Sementara itu, Manager Proyek Pelaksana Sodetan Ciliwung-KBT dari PT WIKA, Ismu Sutopo mengatakan, secara teknis, proses pengeboran dua line tersisa sepanjang 600 meter setidaknya membutuhkan waktu sekitar empat bulan.

"Selain itu, untuk pembangunan driving shaft juga dibutuhkan waktu enam bulan, sehingga totalnya untuk pengerjaan teknis saja membutuhkan waktu 10 bulan," katanya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye7071 personNurito
  2. Lebaran Betawi di Agro Cilangkap Berlangsung Meriah

    access_time04-05-2024 remove_red_eye3496 personNurito
  3. PT JIEP Bakal Bangun Masjid, Salah Satu yang Terbesar di Jakarta Timur

    access_time03-05-2024 remove_red_eye3485 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Yuk, Nobar Timnas versus Irak di Monas

    access_time02-05-2024 remove_red_eye3424 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. BMKG Prediksi Hari Ini Jakarta Dominan Berawan

    access_time03-05-2024 remove_red_eye3090 personAnita Karyati