You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Basuki Cek Kembali Hasil KHL 2015
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Basuki akan Cek Metode Penentuan KHL 2015

Dewan Pengupahan DKI Jakarta telah menetapkan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) 2015 sebesar Rp 2,98 juta. Nilai tersebut merupakan dasar untuk menentukan Upah Minumum Provinsi (UMP) 2016. Namun sebelumnya Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan melakukan pengecekan ulang dengan nilai KHL.

Sekarang survei KHL kan Rp 2,98 juta. Tapi kan kita enggak tahu benar atau tidak nih surveinya. Makanya kita mesti panggil mereka, metode surveinya benar enggak

"Sekarang survei KHL kan Rp 2,98 juta. Tapi kan kita enggak tahu benar atau tidak nih surveinya. Makanya kita mesti panggil mereka, metode surveinya benar enggak," ujar Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (26/10).

Menurut Basuki, survei KHL yang benar seharusnya dilakukan di pasar tradisional, bukan di mall. Pasalnya harga beberapa item yang disurvei akan berbeda di kedua lokasi tersebut. "Jangan cari di mall dong, kita mesti cek. Prinsipnya kita harus teliti surveinya sudah betul apa belum," ucapnya.

Basuki Prediksi UMP DKI Diatas Rp 3 Juta

Namun jika hasil survei tersebut tepat, maka Pemprov DKI Jakarta telah memiliki rumus untuk menentukan UMP. Rumus yang digunakan yakni nilai KHL ditambah dengan inflasi tahun depan. Sehinga nilai UMP yang ditetapkan selalu lebih besar dari KHL.

"Tapi kalau betul, berarti rumusnya KHL DKI ditambah inflasi berapa. Kalau inflasi kita perkirakan tahun depan 4 persen, ya sudah berarti UMP di atas KHL. Bisa Rp 3 jutaan berarti tahun depan. Kalau KHL-nya bohong ternyata cuma Rp 2,7 juta, berarti enggak sampai Rp 3 juta kan," ucapnya.

Basuki mengatakan, rumus yang diterapkan untuk penentuan UMP DKI ini merupakan pelopor bagi daerah lainnya. Sehingga setiap tahunnya tidak perlu adanya perdebatan yang panjang karena sudah ada rumus yang ditetapkan. "Kan Jakarta dari dulu sudah pakai rumus, kita pelopor ada satu rumus," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1090 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye983 personAldi Geri Lumban Tobing