You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
       Titik Rawan Banjir di Ibukota Diprediksi Berkurang
.
photo Ilustrasi - Beritajakarta.id

Titik Rawan Banjir di Ibukota Diprediksi Berkurang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI menyebutkan, titik rawan banjir tahun ini berkurang cukup signifikan. Pasalnya, beberapa titik lokasi banjir seperti Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur berhasil dinormalisasi.

Tahun ini mungkin akan ada perubahan titik rawan banjir. Karena beberapa lokasi yang tadinya banjir seperti Kampung Pulo, sekarang sudah diturap

"Tahun ini mungkin akan ada perubahan titik rawan banjir. Karena beberapa lokasi yang tadinya banjir seperti Kampung Pulo, sekarang sudah diturap," kata Denny Wahyu Haryanto, Kepala BPBD DKI Jakarta, Jumat (6/11).

Dikatakan Denny, tahun lalu titik rawan banjir tersebar di 125 kelurahan. Salah satunya di wilayah Kampung Pulo. Saat ini, dengan adanya mitigasi struktural yang dilakukan Dinas Tata Air, aliran air akan cepat mengalir.

Normalisasi Saluran Efektif Kurangi Genangan di Jakut

‎"Dari wilayah Selatan sampai dengan utara itu sudah dilakukan perbaikan-perbaikan dan juga normalisasi saluran. Tentunya sekarang air akan lebih cepat mengalir," jelasnya.

Menurut Denny, hasil mitigasi struktural dari Dinas Tata Air ini baru akan ‎terlihat saat Jakarta dilanda musim hujan. Sehingga bisa dilihat kantong-kantong genangan air di lokasi mana saja yang terjadi perubahan dibandingkan tahun lalu.

‎"Mudah-mudaan sudah bisa terlihat ketika ada hujan-hujan ringan di bulan Desember. Apakah durasi genangan berubah jauh ketimbang tahun sebelumnya," tuturnya.

Denny mengungkapkan, bila melihat dari mitigasi struktural yang dikerjakan Dinas Tata Air di wilayah selatan seperti perbaikan tanggul, limpahan air akan mengalir ke wilayah sisi utara.

Atas dasar itu, tambah Denny, pihaknya berharap rumah pompa yang ada di Waduk Pluit dapat berfungsi maksimal saat musim hujan sehingga nantinya bisa menanggulangi ancaman banjir wilayah Jakarta sisi utara tersebut.

"Menurut informasi dari Dinas Tata Air, pompa di sana sudah ditambah. Kemudian gardu listrik yang sempat terendam ketika banjir tahun lalu sudah‎ ditinggikan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1229 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1160 personTiyo Surya Sakti
  3. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1130 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1130 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1062 personNurito