You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Di Pasar Koja Baru Ada Toko Yang Dapat Mencairkan KJP
.
photo Suriaman Panjaitan - Beritajakarta.id

Sejumlah Toko di Pasar Koja Baru Cairkan Dana KJP

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mengeluarkan kebijakan larangan pencairan dana Kartu Jakarta Pintar (KJP) melalui Peraturan Gubernur DKI Jakarta No 174 tahun 2015 tentang Bantuan Biaya Personal Pendidikan Bagi Peserta Didik dari Keluarga Tidak Mampu Melalui KJP.

Saya tadi mencairkan Rp 500 ribu, dipotong 50 ribu. Artinya setiap nominal Rp 100 ribu, mendapat potongan 10 ribu

Namun, pada praktiknya masih banyak ditemukan penyimpangan KJP. Modus yang dilakukan dengan cara mencaikan dana di KJP di sejumlah toko dengan potongan hingga 30 persen.

Pantauan Beritajakarta.com, di beberapa kios atau toko di Pasar Koja Baru yang khusus menjual peralatan sekolah, pemegang KJP dapat mencairkan sejumlah uang di ATM di kios atau toko tersebut.

Basuki Tegaskan KJP Tak Bisa Diambil Tunai

"Iya nih. Mau nyairin uang aja. Saya nggak mau belanja baju sekolah atau yang berhubungan dengan perlengkapan sekolah. Uangnya buat kebutuhan sehari-hari," ujar seorang ibu, yang tidak mau disebutkan namanya kepada Beritajakarta.com, Rabu (16/12).

Menurut ibu dua orang anak itu, kios atau toko perlengkapan sekolah di pasar tersebut dapat mencairkan dana KJP dengan potongan. Potongan uang yang dicarikan pun bervariasi antara satu toko dengan toko lainnya. Bahkan, beberapa orang rela antre untuk mencairkan dananya.

"Saya tadi mencairkan Rp 500 ribu, dipotong 50 ribu. Artinya setiap nominal Rp 100 ribu, mendapat potongan 10 ribu. Begitu seterusnya," katanya.

Sementara, pemilik toko tidak mau memberikan keterangan terkait adanya pencairan dan pemotongan dana tersebut. Bahkan, pemilik toko menghindar dengan hanya meninggalkan anak buahnya saja.

Demikian juga dengan pihak pengelola pasar yang tidak mau dikonfirmasi tentang keberadaan toko yang dapat mencairkan dana KJP tersebut. Padahal, di pasar tersebut terdapat spanduk dengan ukuran cukup besar yang bertuliskan larangan setiap toko mencairkan KJP.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1232 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1202 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1170 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1136 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1064 personNurito