You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Mantan Sopir Bemo Juara Keluarga Sakinah Jakarta Timur
Pengunjung dan bahkan tim juri Keluarga Sakinah tingkat DKI Jakarta dibuat haru saat Sofyan Suri, 62, ditetapkan sebagai Juara lomba Keluarga Sakinah Teladan tingkat Jakarta Timur. Hal ini bukan karena tidak alasannya. Mantan sopir bemo ini berhasil.
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

Mantan Sopir Bemo Ini Punya 6 Anak Mahir Bahasa Asing

Kebanggaan dan rasa haru terpancar dari raut wajah Sofyan Suri (62) dan Siti Nasuha begitu dewan juri menetapkan pasangan tersebut sebagai pemenang keluarga sakinah tingkat Jakarta Timur.

Anak saya ada 11 orang namun 3 orang sudah meninggal dunia, putri bungsu saya sekarang masih kuliah di Al-Azhar

Sofyan yang merupakan mantan sopir bemo ini berhasil mengantarkan delapan anaknya meraih kesuksesan dan taat beragama. Bahkan, anak sulungnya kini tengah mengenyam pendidikan di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Pengunjung dan tim juri Keluarga Sakinah tingkat DKI Jakarta dibuat haru saat Sofyan membacakan profil keluarganya. Pria asal Betawi ini sempat terhenti berbicara saat menyampaikan permohonan maaf kepada istrinya, Nasuha. Secata tulus, di hadapan tim juri, Walikota Jakarta Timur HR Krisdianto dan ratusan warga, Sofyan menyampaikan terima kasih kepada istrinya yang telah 40 tahun mendampinginya.

Mahasiswa dan Dosen UI Gelar Aksi Bersih Kampus

Suasana sempat berubah menjadi kagum saat anak anaknya diminta memperkenalkan diri di hadapan para pejabat. Keenam anak Sofyan memperkenalkan diri menggunakan enam bahasa asing yang berbeda, yakni bahasa Inggris, Jepang, Korea, Arab, Jerman, dan terakhir disampaikan anak bungsunya, Choriah Ikrima, yang menggunakan bahasa Arab melalui rekaman dari Mesir.

"Anak saya ada 11 orang namun 3 orang sudah meninggal dunia. Putri bungsu saya sekarang masih kuliah di Al-Azhar," ujarnya, Kamis [12/6].

Anak Sofyan diantaranya, Nur Ali Fikri (Diploma III STIE Indonesia Assayafi’iah), Safinatunnaja (Pasca Sarjana UNJ), Yusliha Amaliah (Sarjana Stiami), Aliyah Farhana (Guru Bahasa Korea), Dailamy Syukrin (mahasiswa Ilmu Hadits), dan Choriah Ikrima (mahasiswi Al-azhar).

Sofyan menceritakan, ekonomi keluarganya memang sangat pas-pasan. Istri sangat pengertian, bisa menyesuaikan dan tak pernah mengeluh. "Saat hanya ada dua telur, istri saya menggorengnya dengan sangat tipis, agar anak-anak saya bisa makan semuanya," katanya.

Sofyan yakin akan pertolongan Allah, termasuk dalam pendidikan anaknya. Semuanya dijalani dengan penuh keyakinan. Saat menimang anak, Ketua RT 06/03 Kelurahan Jati, Pulogadung ini selalu membaca shalawat sampai anaknya tidur. Dia juga berprinsip jika makan harus makanan yang halal.

Keluarga Sofyan Suri-Siti Nasuha terpilih mewakili Jakarta Timur dalam lomba Keluarga Sakinah Teladan tingkat DKI Jakarta. Lomba ini digelar oleh Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta. Jika menang, Sofyan bakal mewakili DKI di tingkat nasional.

Walikota Jakarta timur, HR Krisdianto menyampaikan perlunya keluarga ini menjadi teladan bagi keluarga masa kini. " ini sungguh luar biasa dan pantas menjadi juara untuk mewakili Provinsi DKI Jakarta di tingkat Nasional," katanya.

Krisdianto juga berharap, setiap keluarga agar dapat menciptakan keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah dan bisa menjadi teladan bagi para tetangga maupun anak dan cucunya. "Untuk itu, pembinaan kepada keluarga sangat penting terutama tentang ilmu agama," tambahnya.

Dewi Purnama Sari, Lurah Jati, Pulogadung mengaku bangga dan terharu karena warganya terpilih mewakili Jakarta Timur. "Semoga ini bisa diteladani oleh siapapun," katanya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1088 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye983 personAldi Geri Lumban Tobing