You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tanah 6 Rumah di Balekambang Longsor
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Tanah 6 Rumah di Balekambang Longsor

Sedikitnya tanah enam rumah semi permanen di RT 05/05 Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur longsor, Sabtu (2/4). Diduga  longsor akibat lahan yang terletak di bibir kaloi Ciliwung ini tergerus akibat sisa banjir yang terjadi pada Sabtu pagi.

Habis sholat Subuh semua warga bersih-bersih sampai jam 09.00. Kemudian istirahat di rumah sambil makan-makan. Tahu-tahu ada suara gemuruh. Pas di tengok rumah di belakang sudah longsor

Nani (48), seorang warga menuturkan, longsor terjadi sekitar pukul 10.00 tadi pagi. Saat kejadian, warga baru selesai membersihkan lumpur dan sampah sisa banjir tadi pagi. Mendadak mereka dikejutkan suara gemuruh dari belakang rumah. Saat ditengok, bagian tanah retak dan tak lama kemudian langsung longsor.

"Habis sholat Subuh semua warga bersih-bersih sampai jam 09.00. Kemudian istirahat di rumah sambil makan-makan. Tahu-tahu ada suara gemuruh. Pas di tengok rumah di belakang sudah longsor," ujar Nani,

PPSU Cawang Bersihkan Lumpur Sisa Banjir

Enam rumah yang longsor ini di antaranya adalah milik Sukamto (54), Tingking (52) dan Hasyim (55). Saat kejadian para pemilik rumah sedang di dalam rumahnya masing-masing. Yakni sedang istirahat sambil makan-makan. Nani sendiri rumahnya di depan enam rumah yang longsor.

Pantauan Beritajakarta.com, enam rumah yang longsor ini jaraknya hanya sekitar 5-6 meter dari Ciliwung. Setiap Ciliwung meluap, kawasan tersebut kerap tergenang banjir dengan ketinggian sekitar 80-100 sentimeter. 

Akibat longsor ini, enam rumah hancur berantakan. Puingnya menumpuk di bawah kali. Sebagiannya bahkan terhanyut terbawa arus. Termasuk perabot rumah tangga turut ludes tergerus longsor. 

Para pemilik rumah yang longsor harus mengungsi ke rumah tetangga maupun saudaranya. Hingga kini belum ada penanganan dari instansi terkait.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1088 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye983 personAldi Geri Lumban Tobing