You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
tps ciliwung
tps ciliwung ilustrasi .
photo doc - Beritajakarta.id

Gagal Raih Adipura, Lurah Susan Gelar Operasi Yustisi

Kegagalan Kota Jakarta Selatan mempertahankan penghargaan bidang kebersihan dan lingkungan Piala Adipura, kategori kota metropolitan, membuat seluruh jajaran Pemkot Jakarta Selatan berbenah. Salah satu lokasi yang menjadi perhatian khusus adalah, masih maraknya warga yang membuang sampah ke Kali Ciliwung. Terutama yang melewati Kelurahan Lenteng Agung di Kecamatan Jagakarsa.

Kita masih kooperatif. Tapi kalau tertangkap lagi buang sampah, sesuai perda didenda Rp 50 juta atau kurungan, dan KTP bisa kita sita

Atas kondisi memprihatinkan tersebut, Senin (16/6), Lurah Lenteng Agung, Susan Jasmine Zulkifli bersama Satpol PP serta dibantu aparat TNI dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus), menggelar Operasi Yustisi Kebersihan di sepanjang Kali Ciliwung.  Dengan menaiki tiga unit perahu karet milik Kopassus, wanita mantan Kasie Sarpras di Kelurahan Senen itu memimpin operasi.

"Kita ingin melihat tempat pembuangan sampah (TPS) liar di pinggir Kali Ciliwung RT 04/02. Rencananya TPS itu akan kita tutup," kata Susan.

Buang Sampah Sembarangan, 9 Warga Disidang

Dari hasil penelusuran ke Kali Ciliwung itu, Susan melihat banyak tumpukan sampah di tebing pinggiran kali. Bahkan ada seorang warga terlihat baru selesai membuang sampah di TPS liar tersebut. Padahal di lokasi sudah ada plang yang melarang warga buang sampah di lokasi itu.

Meski "tertangkap tangan" membuang sampah sembarangan, namun warga tersebut hanya mendapatkan peringatan saja."Kita masih kooperatif. Tapi kalau tertangkap lagi buang sampah, sesuai perda didenda Rp 50 juta atau kurungan, dan KTP bisa kita sita," tegas Susan.

Di sisi lain, Susan kembali mengimbau, agar warga warga sekitar membuang sampah di lokasi yang telah disediakan pengurus wilayah. "Warga harus membantu kita dalam hal kebersihan. Sudah ada petugas yang akan mengambil sampah warga, memang itu dua hari sekali," tandasnya.

Pinggiran aliran Kali Ciliwung memang kerap dijadikan TPS oleh warga sekitar. Mereka membuang sampah begitu saja. Sehingga banyak sampah plastik atau limbah rumah tangga yang mencemari kali. Bahkan, sampah-sampah ini berpotensi menghambat aliran air sehingga bisa menyebabkan banjir.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1222 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1117 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1047 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye933 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye893 personAldi Geri Lumban Tobing