You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Konsep ekonomi kreatif akan tumbuh dari kegiatan yang digelar berupa pemutaran film bioskop terbaru
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengembangkan salah satu konsep ekonomi kreatif di Ibukota.  .
photo doc - Beritajakarta.id

Tergerus Air, Tanggul Kali Sentiong Ambrol

Hujan deras yang turun pada akhir pekan lalu menyebabkan tanggul sepanjang 100 meter di sisi barat tepi Kali Sentiong Sunter, ambrol, Minggu (15/6) lalu. Untuk mengatasi hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara telah mengirim surat kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta agar segera dilakukan perbaikan.

Saya berharap bisa segera diperbaiki oleh Dinas PU. Hari ini suratnya sudah saya tanda tangani

Rusaknya tanggul yang berada wilayah RW 20, Kelurahan Sunter Agung, terjadi setelah hujan deras di kawasan Jakarta Utara sejak Sabtu (14/6) malam hingga Minggu (15/6) dini hari. Dari 600 meter tanggul di sepanjang lokasi, 100 meter diantaranya ambrol.

Walikota Jakarta Utara, Heru Budi Hartono, mengatakan, pihaknya sudah meminta dilakukan perbaikan terhadap tanggul yang ambrol tersebut. Saat ini, untuk menahan agar tidak menyebabkan ambrol lebih parah, di lokasi dipasangi bambu sebagai penahan tepian kali.

Sering Kebanjiran, Warga Minta Dibangun Tanggul

"Saya berharap bisa segera diperbaiki oleh Dinas PU. Hari ini suratnya sudah saya tanda tangani," ujarnya, Selasa (17/6).

Dalam surat yang dikirimkan ke Dinas PU, kata Heru, pihaknya meminta dilakukan pembetonan terhadap turap dan tanggul yang ambrol. Selain itu, untuk mengantisipasi tidak kembali tergerus aliran air kali, pihanya menyarankan agar di kedua sisi kali setelah normalisasi dilakukan pembetonan jalan dan tidak lagi dibangun taman.

"Kalau dibangun taman kembali nanti diserobot lagi. Dibangun jalan saja dan turapnya di sheet pile sehingga kuat," terangnya.

Ketua RW 20, Sunter Agung, Jaya Hartanto, mengatakan, ambrolnya tanggul terjadi sejak Minggu (15/6) kemarin. Kejadian tersebut selain dikhawatirkan membuat Kali Sentiong Sunter limpas, juga ambrolnya tanggul dapat merembet.

"Di wilayah kami ada sekitar 850 kepala keluarga. Kalau hujan deras kembali turun kami khawatir kali limpas dan pemukiman kami akan tergenang, kami harap dapat segera diperbaiki," harapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Hujan Ringan Berpotensi Guyur Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time26-06-2024 remove_red_eye1095 personAnita Karyati
  2. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1002 personFolmer
  3. Dinas Kominfotik - KPU DKI Kerja Sama Publikasi Tahapan Pilkada

    access_time24-06-2024 remove_red_eye967 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Putra Putri Pelajar Indonesia Dikenalkan Urban Farming Jakarta

    access_time25-06-2024 remove_red_eye899 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye889 personAnita Karyati