You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Satpol PP
Satpol PP .
photo doc - Beritajakarta.id

Pilpres, Satpol PP Dilarang Cuti

Seluruh anggota Satpol PP DKI Jakarta diminta fokus untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada warga ibu kota saat Pemilu Presiden/Wakil Presiden (Pilpres) 9 Juli besok. Ribuan personel Satpol PP akan disebar di seluruh wilayah ibu kota, khususnya di daerah rawan konflik.Untuk itulah mereka dilarang mengajukan cuti saat pilpres digelar.

Saat pemilu itu memang membutuhkan pengamanan ekstra, kita sifatnya hanya membantu saja

Kepala Satpol PP DKI, Kukuh Hadi Santoso mengatakan, kebijakan tersebut berlaku bagi seluruh personel Satpol PP. Mulai dari tingkat kelurahan hingga provinsi. Menurutnya, Satpol PP berperan untuk membantu personel TNI dan Polri dalam pengamanan Pilpres. Pasalnya saat pesta demokrasi seperti ini membutuhkan pengamanan yang ekstra.

"Tidak boleh ada personel yang ambil cuti pada pemilu besok. Saat pemilu itu memang membutuhkan pengamanan ekstra, kita sifatnya hanya membantu saja," kata Kukuh, Selasa (8/7).

Penertiban Atribut Kampanye Fokus di Pemukiman

Kukuh menjelaskan, jumlah personel Satpol PP di ibu kota mencapai lebih dari 6.000 orang. Mereka akan disebar di tempat pemungutan suara (TPS), khususnya yang rawan konflik. Lokasi yang mendapatkan pengamanan khusus yakni seperti di Waduk Pluit, lokasi kampung deret, serta lembaga pemasyarakatan (LP).

Selain itu, TPS tempat mencoblos Gubernur DKI Jakarta non aktif, Joko Widodo dan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama juga akan mendapat pengamanan khusus personel Satpol PP. Sekedar informasi, Jokowi bakal menggunakan hak pilihnya di TPS 17 Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat dan Basuki bakal mencoblos di TPS 27 Muara Karang, Pluit, Jakarta Utara.

"Kita sudah rapatkan di Polda Metro Jaya. Personel maupun kendaraan semua harus siap siaga saat pemilu besok. Karena seluruh warga merayakan. Potensi pergesekannya juga besar, jadi mereka harus tahu potensi gangguan keamanan sampai yang terkecil di wilayah masing-masing," papar Kukuh.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1106 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye869 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye783 personBudhi Firmansyah Surapati