You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Oktober, Rencana Induk Ruang Bawah Tanah Monas Rampung
Oktober, Rencana Induk Ruang Bawah Tanah Monas Rampung .
photo doc - Beritajakarta.id

2015, Ruang Bawah Tanah Monas Mulai Dibangun

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih membuat detail engineering design (DED) serta masterplan atau rencana induk untuk pembuatan ruang bawah tanah Monumen Nasional (Monas). Diperkirakan, bulan September mendatang keduanya rampung dikerjakan. Sehingga pada 2015, pembangunan ruang bawah tanah Monas bisa dikerjakan.

Kira-kira 2-3 bulan ke depan selesai. Pembangunannya tahun depan karena tunggu, desain selesai dulu kan

Kepala Dinas Tata Ruang DKI Jakarta, Gamal Sinurat, mengatakan, saat ini DED dan rencana induk masih terus dikoreksi dan belum final. Pihaknya membuat rencana induk. Sementara DED dikerjakan oleh Dinas Perumahan dan Gedung Pemda.

"Ini kegiatan tahun kemarin dan sudah dibahas oleh BK-DPRD (Badan Kehormatan DPRD) saat gubernur masih aktif, arahannya ada perbaikan. Saat ini sedang diperbaiki oleh kami bersama konsultan," kata Gamal, di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (8/7).

PKL Monas Akan Direlokasi ke Ruang Bawah Tanah

Dikatakan Gamal, perbaikan DED maupun rencana induk diperkirakan akan selesai pada 2-3 bulan ke depan. Keduanya sengaja dikerjakan secara paralel agar cepat selesai dan dapat segera dibangun. "Kira-kira 2-3 bulan ke depan selesai. Pembangunannya tahun depan karena tunggu, desain selesai dulu kan," ucapnya.

Pembangunannya sendiri akan dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Gedung Pemda. Dalam ruang bawah tanah Monas, akan dilengkapi fasilitas seperti parkir, museum, serta ruang untuk pedagang kaki lima (PKL).

Pihaknya pun memastikan, pembangunan ruang bawah tanah Monas tidak akan mengganggu konstruksi Tugu Monas. Karena dalam pembangunannya akan menggunakan teknologi canggih. "Tidak akan mengganggu, itu (Tugu Monas) akan tetap dipertahankan," ujarnya.

Rencananya luas ruang bawah tanah Monas yang akan dibangun adalah setengah dari luas permukaan. Selain di bawah tugu, silang Monas dan IRTI juga dibuat ruang bahwa tanah. Anggaran untuk pembuatan rencana induk mencapai Rp 500 juta. Sementara untuk pembangunannya sepenuhnya akan menggunakan dana dari APBD DKI.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2683 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2308 personNurito
  3. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2179 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1921 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1262 personAnita Karyati