You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
       129 Bangunan Liar di Jalur Hijau Dibongkar
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

129 Bangunan Liar di Jl Munjul Raya Dibongkar

Sebanyak 129 bangunan liar di Jalan Munjul Raya, RW 01 Munjul, Cipayung, Jakarta Timur dibongkar, Kamis (28/7).

Ada 129 bangunan liar yang berdiri di atas lahan Kemenpu PR dibongkar. Karena lahan akan digunakan untuk jalur hijau. Kami sudah sosialisasikan sebelumnya

Pembongkaran dilakukan karena bangunan berdiri di atas jalur hijau milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumah Rakyat (Kemen PU-PR). Nantinya lahan akan digunakan untuk jalur hijau.

Dalam penertiban ini, dua unit alat berat jenis beckhoe dan soffel dikerahkan. Satu per satu, bangunan semi permanen ini dirobohkan. Tidak ada perlawanan dari pemiliknya. Sebab sebelumnya sudah disosialisasikan terlebih dulu.

PKL Marak di Kawasan Pasar Cengkareng

Camat Cipayung, Iin Mutmainah mengatakan, awalnya jumlah bangunan liar itu ada 176 unit. Namun 47 di antaranya sudah dibongkar pemiliknya. Sehingga tersisa 129 bangunan. Karena jumlah bangunan yang dibongkar cukup banyak maka pembongkaran dilakukan dua hari. Yakni hari Kamis ini dan Jumat (29/7) besok.

"Ada 129 bangunan liar yang berdiri di atas lahan Kemenpu PR dibongkar. Karena lahan akan digunakan untuk jalur hijau. Kami sudah sosialisasikan sebelumnya," kata Iin, saat memimpin jalannya penertiban, Kamis (28/7).

Menurutnya, seluruh bangunan semi permanen ini adalah milik pedagang kaki lima (PKL).  Bangunan digunakan untuk berjualan berbagai macam. Mulai dari warung makan, toko kelontong, toko plastik, kembang, perabot dan sebagainya. Mereka umumnya berjualan sejak tahun 2005 lalu. Sebagian bangunan pemiliknya memiliki kios di Lokbin Munjul.

"Sebelumnya, mereka sudah membuat pernyataan yang isinya bersedia membongkar bangunan jika lahan akan digunakan oleh PT Jasa Marga maupun Kemen PU-PR," tandasnya.

Penertiban ini melibatkan sekitar 85 petugas gabungan. Yakni dari unsur kelurahan, kecamatan, Satpol PP, Sudin Kebersihan, Sudin UKM, PT Jasa Marga, Kemenpu PR, Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan dan unit terkait lainnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye977 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye930 personAldi Geri Lumban Tobing