You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
ujar Nurhasan Masud, Kepala Seksi Pengawasan dan Penertiban Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jaka
"Caranya ya dengan membuat ikan dan daging ayam yang dijual mereka bisa lebih awet, meskipun tanpa alat pendingin. Salah satunya dengan menggunakan formalin," .
photo doc - Beritajakarta.id

Ikan Mengandung Formalin dan Zat Pewarna Diamankan di Jaktim

Untuk mengantisipasi peredaran makanan mengandung formalin dan zat pewarna, petugas gabungan dari Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur, Dinas Perikanan dan Peternakan DKI, Satpol PP dan kepolisian melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional dan swalayan di Jakarta Timur, Kamis (10/7). Hasilnya, dua pedagang ikan di Pasar Mambo Jatinegara, kedapatan menjual ikan mengandung formalin dan zat pewarna buatan untuk pakaian.

Dua pedagang ikan kita panggil dan diperiksa karena ada yang menjual ikan mengandung formalin dan zat pewarna. Mereka juga kita BAP dan membuat surat pernyataan di atas materai 6000

Dari tangan kedua pedagang ikan pasar tradisional yang berinisial HM (40) dan MF (50) ini, petugas mendapatkan 5 kilogram ikan yang mengandung zat pewarna buatan. Sedangkan yang mengandung formalin, hanya satu ekor yang digunakan untuk sample sebab ikan sudah terjual habis. Seluruh ikan tersebut langsung diamankan untuk dimusnahkan agar tak diperjualbelikan kembali.

Kasie Pengawasan dan Pengendalian Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur, Sabdo Kurnianto, mengatakan, sidak dan razia ini rutin digelar setiap jelang puasa dan Lebaran Idul Fitri. Sebab, ditengarai masih ada pedagang nakal yang menjual daging, ayam dan ikan yang mengandung formalin.

Jajanan PKL Monas Mengandung Bahan Berbahaya

"Dua pedagang ikan kita panggil dan diperiksa karena ada yang menjual ikan mengandung formalin dan zat pewarna. Mereka juga kita BAP dan membuat surat pernyataan di atas materai 6000," ujar Sabdo Kurnianto, Kamis (10/7).

Menurutnya, khusus penjual ikan mengandung formalin, dilakukan penyelidikan lebih lanjut, untuk mengetahui sumber awal ikannya. Penelusuran melibatkan pihak Dinas Kelautan dan Peternakan DKI Jakarta. Sebab ditengarai ikan berasal dari kawasan Muara Baru dan Muara Angke, Jakarta Utara.

Dalam razia tersebut, petugas juga menyiapkan laboratorium untuk pemeriksaan langsung di lokasi. Sehingga hasilnya dapat diketahui langsung dan diambil tindakan. Yakni dari Laboratorium Kesmavet dan Balai Pengujian Mutu Hasil Perikanan milik Dinas Kelautan dan Peternakan DKI Jakarta.

Selain di Pasar Mambo Jatinegara, petugas juga menyasar Pasar Rawamangun, Pasar Cibubur dan Pasar Ujung Menteng. Kemudian swalayan Giant Ujung Menteng, Giant Pondok Kopi, Giant Raden Inten dan Carrefour Buaran.

Namun razia di swalayan petugas tak menemukan adanya makanan mengandung formalin dan zat pewarna. Demikian halnya di Pasar Tradisional Ujung Menteng, petugas tak menemukan adanya daging mengandung formalin dan zat pewarna. Pasar tersebut cocok dijadikan pasar percontohan di Jakarta Timur.

Razia seperti ini akan terus digelar hingga jelang lebaran nanti. Rencananya pekan depan akan dilakukan di sejumlah pasar tradisional dan swalayan. Sasarannya adalah daging tak laik konsumsi yang mengandung formalin dan zat pewarna, serta daging celeng.

Tujuannya untuk memberikan rasa aman pada masyarakat, melindungi dan menjamin bahwa produk yang dijual itu layak konsumsi. Sesuai dengan Perda nomor 5/92 tentang penampungan dan pemotongan hewan unggas dan peredaran daging unggas di DKI serta Perda 8/89 tentang pengawasan dan pemotongan hewan ternak, perdagangan ternak dan daging di DKI Jakarta.

Sementara, salah seorang pedagang ikan pisang-pisangan, MF (50), mengaku sengaja menggunakan zat pewarna buatan agar ikan terlihat segar. Ia sendiri mengaku tak tahu bahayanya penggunaan wantek, zat pewarna pakaian.

"Ya tujuannya sih biar ikannya kelihatan segar, jadi dikasih zat pewarna. Tapi kalau ternyata dilarang ya saya tidak akan menggunakan zat pewarna lagi," ujar MF saat ditanyai petugas dari Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye976 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye930 personAldi Geri Lumban Tobing