You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
2 Tahun Kosong, Gedung Dinas KUMKMP Alami Kerusakan
Gedung milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Jakarta berlantai 6 yang berada satu kawasan dengan pusat perbelanjaan Thamrin City, yang berlokasi di Jalan Baru Waduk Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, sudah 2 tahun belakangan ini dibiar.
photo Suriaman Panjaitan - Beritajakarta.id

Gedung UKM di Waduk Melati Terbengkalai

Sebuah gedung Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dikelola Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Pedagangan DKI Jakarta dibiarkan terbengkalai. Akibatnya, gedung yang terletak di Jalan Waduk Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat dan berada satu kawasan dengan pusat perbelanjaan Thamrin City tersebut mengalami kerusakan di beberapa bagiannya,

Pak gubernur sudah menyetujuinya (hasil lelang) tapi PKS-nya masih ada di biro hukum, kalau itu sudah selesai baru aktif kembali gedung itu

Pantauan beritajakarta.com, gedung berlantai 6 tersebut saat ini mengalami kerusakan dan keretakan di bagian lantai dan beberapa bagian lainnya.

Niko Yarangga (47), petugas keamanan gedung mengatakan, gedung tersebut sebelumnya kerap digunakan sebagai lokasi promosi produk-produk yang dihasilkan UKM. Sejak 2 tahun ini gedung tersebut sudah tidak lagi ditempati.

Eks Gedung Walikota Jaksel Dihibahkan ke Sekretariat ASEAN

"Sudah dua tahun kosong, tapi di dalam masih ada properti milik pedagang yang belum diangkut," ujar Niko, Jumat (18/7).

Menurut Niko, kosong gedung tersebut karena pengelolaannya akan diserahkan kepada pihak ketiga, namun belum menemukan kesepakatan.  

"Yang saya tahu, ini gedungkan mau diserahkan pengelolaanya kepada pihak ketiga yaitu swasta, calonnya sudah beberapa kali meninjau lokasi ini tapi saya tidak tahu kelanjutannya, makanya gedung ini masih kosong dan belum dilakukan perawatan," ungkapnya.

Kepala Dinas KUMKMP Jakarta, Joko Kundaryo, membenarkan gedung yang berada di bawah tanggung jawab instansinya saat ini sedang kosong.

Dikatakan Joko, setelah selesai lelang calon pengelola, saat ini perjanjian kerja sama (PKS) antara pihak swasta dan Pemprov DKI Jakarta belum menemukan titik temu.  

"Pak gubernur sudah menyetujuinya (hasil lelang) tapi PKS-nya masih ada di biro hukum, kalau itu sudah selesai baru aktif kembali gedung itu," terang Joko.

Nantinya, lanjut Joko, jika PKS tersebut sudah selesai, gedung tersebut akan ditempati 300 pedagang dan diharapkan akan dikelola seperti gedung SMESCO. rencananya, di gedung tersebut juga akan menjadi tempat penampungan PKL Tanah Abang.  

"Rencananya akan dijadikan Pusat Kopi Nusantara dan pedagang UKM yang berkualitas, ada tempat santainya juga disana, ya kayak SMESCO DKI-nyalah nanti," kata Joko.

Namun, tambah Joko, pihaknya belum bisa memastikan kapan gedung tersebut dapat ditempati lantaran semua tergantung dari PKS yang sedang di godok Biro Hukum DKI Jakarta. "Semua tergantung PKS, mudah-mudahan bisa tahun ini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2628 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2254 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1857 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1205 personAnita Karyati
  5. Penataan Kawasan di Jalan Bendi Besar Rampung

    access_time01-10-2024 remove_red_eye1140 personTiyo Surya Sakti