You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemudik Bermotor Akan Dikawal Hingga Perbatasan
Meskipun menganjurkan agar pemudik tidak menggunakan kendaraan roda dua, namun antisipasi tetap dilakukan Polda Metro Jaya. Pihak Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan pengawalan terhadap rombongan besar pemudik dengan motor hingga keluar wilaya.
photo doc - Beritajakarta.id

Pemudik Bermotor Akan Dikawal Hingga Karawang

Meskipun mengimbau agar pemudik tidak menggunakan kendaraan roda dua, namun antisipasi keamanan tetap dilakukan Polda Metro Jaya. Pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan melakukan pengawalan terhadap rombongan besar pemudik dengan motor hingga Karawang, Jawa Barat. Pengawalan selanjutnya dilakukan secara estafet oleh polda terkait.

Kita akan mengawal para pemudik yang menggunakan motor ini hingga keluar wilayah Polda Metro Jaya

"Kita akan mengawal para pemudik yang menggunakan motor ini hingga keluar wilayah Polda Metro Jaya. Pengawalan terutama akan dilakukan pada pagi hari," ujar AKBP Irvan Prawirayuda, Kepala Sub Direktorat Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Sabtu (19/7).

Menurut Irvan, pihaknya telah mempelajari pola perjalanan dari pemudik dengan kendaraan roda dua. Mereka saat ini akan cenderung berangkat pagi hari. "Kalau tahun lalu mereka sahur dan sholat Subuh di rumah, baru berangkat. Jadi puncak keramaian keluar dari Jakarta berbeda waktunya," tutur Irvan.

Pemudik Wajib Waspadai Pembiusan

Tahun ini, lanjut Irvan, diperkirakan pada pukul 05.00 pemudik akan melintas di wilayah Kali Malang. Lalu 30 menit di sekitar wilayah dekat Universitas Borobudur, dan pukul 06.30 sudah memasuki Kota Bekasi. "Jadi pukul 08.00 mereka sudah keluar Bekasi Timur masuk ke Karawang. Kira-kira jam 09.00 sudah ada yang masuk Cirebon," paparnya.

Untuk pemudik bermotor tahun ini, imbuh Irvan, diperkirakan akan meningkat dari tahun lalu. Sehingga diperlukan pengamanan ekstra untuk mencegah kejahatan dan kecelakaan lalu lintas terhadap pemudik.

"Jumlah pemudik berdasarkan perhitungan kita akan meningkat tujuh persen. Karena itu akan ada beberapa pos yang dibangun untuk memantau dan memberi keamanan para pemudik," jelasnya.

Ditlantas Polda Metro Jaya sudah mendirikan pos yang berada di dua titik utama perbatasan wilayah hukum dengan Polda Jawa Barat dan Polres Kabupaten Tangerang. "Ada pos di Cikupa Tangerang, dan di Gedung Waringin Bekasi. Di sana kita siapkan tempat istirahat, petugas polisi dan juga ada tempat cek kesehatan lengkap dengan dokter, bidan dan perawat," tandas Irvan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1220 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1115 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1046 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye909 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye834 personAldi Geri Lumban Tobing