Pengaduan Masyarakat Bisa Diselesaikan Dalam Satu Jam
Belasan pesan masuk ke nomor pengaduan yang dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono. Khusus pengaduan masalah penumpukan sampah dan sumbatan di saluran air, bisa langsung ditangani dalam waktu satu jam.
Itu langsung masuk SMS ke saya, saya respon pasukan langsung datang. Langsung saja dimana tempatnya. Tunggu satu jam selesaikan
"Itu langsung masuk SMS ke saya, saya respon pasukan langsung datang. Langsung saja dimana tempatnya. Tunggu satu jam selesaikan. Jadi mereka nggak usah datang (ke Balai Kota DKI)" ujarnya, di Balai Kota DKI, Selasa (15/11).
Soni sapaan akrabnya ini menyebar dua nomor pribadinya sebagai layanan pengaduan masyarakat. Kedua nomor tersebut yakni 0821-1360-9011 dan 0821
-1360-9006. Kedua nomor tersebut akan terhubung dengan Jakarta Smart City.Plt Gubernur Terima Dua Pengaduan Masyarakat LangsungDengan membuka layanan pengaduan melalui SMS ini, menurut Soni memberikan kesempatan kepada warga untuk menghemat waktu. Sehingga warga tidak perlu datang ke Balai Kota DKI Jakarta, untuk mengadukan permasalahan yang dialaminya.
"Jadi bukan sepi pengaduannya, pertama saya buka dari SMS. Karena tidak semua orang mengadu itu datang karena tenaga waktu dan banyak sekali. Kami buka dua nomor lagi untuk SMS, saya buka HP pribadi saya untuk konsultasi," tuturnya.
Dirinya juga telah meminta SKPD untuk turun ke lapangan melihat dan menyelesaikan permasalahan yang ada sebelum pengaduan masyarakat muncul. "Jadi semua channel bisa kami gunakan, termasuk di media pun dimuat, saya potret, saya distribusikan dan langsung kami eksekusi. Jadi caranya Management by info and action," tandasnya.