You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
sodetan kbt ciliwung
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Proyek Sodetan Ciliwung Molor

Proyek sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) yang terletak di Jl Otista III, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, akhirnya molor. Awalnya, proyek tersebut ditargetkan rampung pada 10 Agustus. Namun karena banyak kendala di  lapangan, proyek diperkirakan baru rampung pada September mendatang.

Warga di sekitar proyek merasa terganggu makanya kita tidak bisa bekerja 2 shift, yakni shift pagi dan shift malam. Dampaknya ya seperti sekarang ini, proyek tidak bisa selesai tepat waktu

Manajer Proyek PT Wijaya Karya (Wika), Ismu Sutopo, mengatakan, molornya pengerjaan proyek dikarenakan adanya protes dari warga. Warga merasa terganggu jika proyek dikerjakan hingga 24 jam setiap harinya. Sehingga pihaknya hanya mengerjakan proyek dari pukul 08.00 - 22.00. Bahkan terkadang hanya sampai pukul 20.00.

"Warga di sekitar proyek merasa terganggu makanya kita tidak bisa bekerja 2 shift, yakni shift pagi dan malam. Dampaknya ya seperti sekarang ini, proyek tidak bisa selesai tepat waktu," ujar Ismu, Kamis (7/8).

98 Bidang Tanah untuk Sodetan Ciliwung Segera Dibebaskan

Selain protes warga, kata Ismu, kendala lain yang dihadapi yaitu lambannya pemindahan jaringan utilitas dari para pemiliknya. Diketahui di sepanjang lahan yang terkena sodetan, banyak jaringan utilitas, mulai dari kabel fiber optik, pipa PDAM, kabel telepon, hingga kabel lisrik milik PT PLN.

Saat ini, PT Wika masih melakukan penyelesaian pembuatan arriving shaft atau lubang pertemuan dua mata bor. Yakni mata bor dari sisi inlet dan outlet atau saluran masuk dan keluar. Sejauh ini proses pengerjaannya sudah mencapai 80 persen.

Proyek sodetan ini untuk kedalaman lubang mata bor sedalam 12 meter, dengan diameter pipa luar 4 meter dan pipa dalam 3,5 meter. Adapun panjang sodetan dari Ciliwung menuju KBT ini mencapai 1,27 kilometer. Kedalaman pipa sodetan antara 14 meter hingga 12 meter dengan posisi melandai.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Hujan Ringan Berpotensi Guyur Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time26-06-2024 remove_red_eye1341 personAnita Karyati
  2. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1102 personFolmer
  3. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1029 personAnita Karyati
  4. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye995 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Ancol Hadirkan Beragam Acara Seru di Momen Libur Sekolah

    access_time26-06-2024 remove_red_eye914 personAldi Geri Lumban Tobing