You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Jam Buka Monas Akan Dibatasi Hingga Pukul 20.00
Untuk menertibkan serta meminimalkan tindakan kejahatan dan asusila, rencananya kawasan Monumen Nasional (Monas) hanya dibuka untuk untuk umum hingga pukul 20.00. Padahal selama ini taman kebanggaan warga ibu kota dibuka selama 24 jam..
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Jam Buka Monas Akan Dibatasi Hingga Pukul 20.00

Untuk menertibkan serta meminimalkan tindakan kejahatan dan asusila, rencananya kawasan Monumen Nasional (Monas) hanya dibuka untuk untuk umum hingga pukul 20.00. Padahal selama ini taman kebanggaan warga ibu kota dibuka selama 24 jam.

Itu membuat capeknya petugas keamanan, mereka lelah sehingga ada bocoran-bocoran. Kita upayakan perketat pembatasan jam untuk semua kawasan

 Kepala Unit Pengelola Kawasan Monas, Rini Hariyani mengatakan, selama ini kawasan Monas terbuka untuk umum selama 24 jam. Hal tersebut membuat kawasan menjadi semrawut, serta banyak terjadi tindakan kriminal ataupun asusila. Sehingga ke depan, jam operasional akan dibatasi hingga pukul 20.00 WIB.

"Ini baru wacana pemikiran kami seperti itu. Kita juga akan buka tidak sampai malam, maksimalkan pukul delapan malam kita tutup setiap hari, untuk semua kawasan," kata Rini di Balaikota, Selasa (12/8).

Unit Pengelola Monas Resmi Digabung

Dikatakan Rini, selama ini hanya kawasan Tugu Monas saja yang dibatasi jam operasional. Sementara untuk kawasan Monas, terbuka untuk umum selama 24 jam. "Itu membuat capeknya petugas keamanan, mereka lelah sehingga ada bocoran-bocoran. Kita upayakan perketat pembatasan jam untuk semua kawasan," tegasnya.

Rencana ini, lanjut Rini, masih akan dibahas bersama dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait. Diharapkan jika disetujui, maka kebijakan ini akan mulai diterapkan sebelum akhir tahun ini. "Ini kan baru wacana, nanti akan dibicarakan dulu. Kira-kira sebelum akhir tahun sudah bisa diterapkan," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga berencana memberlakukan libur setiap hari Senin untuk semua kawasan Monas. Pasalnya Monas, termasuk dalam kategori museum. Tujuannya untuk perawatan kawasan, baik di area tugu maupun taman Monas. "Dimanapun namanya museum itu, dalam satu minggu pasti ada tutupnya, karena untuk maintenance, pembenahan. Jadi setiap Senin kita tutup," jelasnya.

Namun akan diberikan pengecualian, bagi perorangan yang akan berolah raga di taman Monas setiap hari Senin. Itu pun hanya dibatasi hingga pukul 09.00, untuk memberikan kesempatan warga untuk berolahraga. "Senin pagi akan dibuka hanya untuk fasilitas orang olah raga pagi. Tapi perorangan bukan grup. Itu pun kita buka hanya sampai pukul 09.00 WIB," katanya.

Seperti diketahui, pada Senin (11/8) kemarin pengelolaan kawasan Monas resmi digabung. Semula pengelolaan dibagi menjadi dua yakni UP Taman Monas dan UP Tugu Monas. Rini Hariyani pun ditunjuk sebagai Kepala UP Kawasan Monas.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Hujan Ringan Berpotensi Guyur Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time26-06-2024 remove_red_eye1340 personAnita Karyati
  2. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1101 personFolmer
  3. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1028 personAnita Karyati
  4. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye994 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Ancol Hadirkan Beragam Acara Seru di Momen Libur Sekolah

    access_time26-06-2024 remove_red_eye911 personAldi Geri Lumban Tobing