You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Jokowi : Patung Pancoran Memang Sudah Lama Tidak di Bersihkan
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan memang sudah saatnya dua cagar budaya di Ibukota yakni Patung Dirgantara atau yang dikenal patung Pancoran dan patung Diponegoro di Menteng Jakarta Pusat tersebut dibersihkan..
photo doc - Beritajakarta.id

Jokowi: Patung Pancoran Sudah Lama Tidak Dibersihkan

Aktivitas pembersihan dua patung cagar budaya di DKI Jakarta diakui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sudah saatnya dilakukan. Sebab, Patung Dirgantara atau yang dikenal dengan Patung Pancoran dan Patung Diponegoro di Menteng Jakarta Pusat tersebut sudah lama tidak dibersihkan. Padahal, posisinya sendiri berada di jalan strategis yang memungkinan kotor terkena debu dan asap kendaraan.

Ya patung itu (Pancoran) memang sudah lama tidak dibersihkan, tidak dirawat. Itu yang mau kita lakukan

"Ya patung itu (Pancoran) memang sudah lama tidak dibersihkan, tidak dirawat. Itu yang mau kita lakukan," kata Jokowi di Balaikota, Rabu (13/8).

Sedangkan, mengenai besaran biaya yang dikeluarkan untuk membersihkan kedua patung tersebut dirinya tidak mengetahuinya. Namun, ia tidak mempermasalahkan biaya yang dikeluarkan, asalkan melalui proses dan tahap yang benar.

Humanoid Jakarta Terbesar di Asia Tenggara

"Ga hafal biayanya, dicek saja biayanya dan itu sudah dilelang belum? Tapi, kalau sudah dilelang dan biaya besar ya dihitung saja," ujarnya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Balai Konservasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Eni Prihantini mengatakan, jumlah patung yang menjadi bangunan cagar budaya di Jakarta tercatat sebanyak 22 patung.‬ ‪Pembersihan atau konservasi patung telah dimulai sejak tahun lalu. Ada sebanyak lima patung yang telah dibersihkan pada tahun 2013. Sedangkan pada tahun ini, pihaknya akan membersihkan dua patung.‬

‪“Tugas kami yakni mengkonservasi Patung Dirgantara dan Patung Diponegoro yang merupakan cagar budaya. Sebanyak 5 patung yang merupakan cagar budaya juga telah dibersihkan pada 2013," ujar Eni, kemarin.‬

‪Patung Dirgantara, kata Eni, sejak dibangun pada 1964 silam belum pernah dibersihkan. Sedangkan untuk Patung Diponegoro yang dibangun pada tahun 1965, pernah dikonservasi pada tahun 2007 lalu. "Kondisinya saat ini sudah kronis sehingga mempengaruhi daya tahan patung tersebut. Sebelum konservasi, kami telah mengobservasi kedua patung tersebut pada Juni lalu. Hasilnya, kami mendiagnosa kondisi kedua patung itu perlu dibersihkan secepatnya," tuturnya.‬

‪Menurutnya, kondisi kedua patung saat ini terlihat kusam dan kotor. Sebagian permukaan patung mengalami keausan, teroksidasi, terkorosi sebagai akibat adanya penggaraman. Terutama yang disebabkan garam khlorida.‬ ‪Kondisi tersebut disebabkan keberadaannya yang terletak di ruang publik terbuka secara langsung sehingga terpengaruh berbagai faktor lingkungan yang fluktuatif dan terpolusi zat-zat polutan yang bersifat korosif.‬

‪“Dudukan Patung Dirgantara yang terbuat dari cor beton bertulang juga banyak mengalami pertumbuhan ganggang berwarna kehitam-hitaman," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1233 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1233 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1174 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1141 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1065 personNurito