You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKI Akan Bentuk Relawan Siaga Bencana Dari Komunitas Lokal
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

DKI akan Bentuk Relawan Siaga Bencana Dari Komunitas Lokal

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membentuk Relawan Siaga Bencana (RSB) berbasis masyarakat atau komunitas lokal. Relawan ini akan melakukan upaya mitigasi dalam hal penyadaran maupun peningkatan kemampuan warga menghadapi bencana.

Relawan ini sekaligus memberikan sosialisasi, tugasnya khusus membangun kesadaran masyarakat. Jakarta kekurangan tenaga itu

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono mengatakan, Jakarta membutuhkan partisipasi masyarakat untuk memecahkan persoalan yang sama-sama dihadapi.

Oleh karena itu, nantinya RSB akan mendapat bimbingan teknis atau pembekalan. Sehingga bisa menjalankan tugas-tugasnya yaitu, memberi pengetahuan, pemahaman, penyadaran di komunitas lokal tempat tinggal relawan.

Warga Rusun Rawa Bebek Dilatih Tangani Kebakaran

"Relawan ini sekaligus memberikan sosialisasi, tugasnya khusus membangun kesadaran masyarakat. Jakarta kekurangan tenaga itu," ujar Sumarsono, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (9/3).

Wilayah garapan komunitas RSB ini terbagi menjadi tiga klasifikasi yakni, Klaster 1 yang merupakan kawasan komunitas dengan potensi ancaman tingkat berat, Klaster 2 kawasan komunitas dengan bencana tingkat sedang dan Klaster 3 adalah kawasan komunitas dengan bencana tingkat kecil.

"Prioritas kami akan memberikan pembinaan teknis atau membekali para relawan di klaster 1 dulu yang memiliki potensi ancaman bencana tingkat berat," tandasnya.

Latarbelakang pembentukan RSB yakni, Jakarta sebagai Ibukota negara dan pusat segala aktivitas, sehingga menjadi prioritas dalam penanggulangan bencana. Kemudian, bencana bisa datang kapan saja, tidak bisa diduga. Lalu penanganan bencana menjadi tanggung jawab bersama secara terpadu.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1404 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1268 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1236 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1109 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye853 personFolmer