You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Akhir September, Sisi Barat Waduk Pluit Akan ditertibkan
.
photo doc - Beritajakarta.id

Ratusan Rumah di Sisi Barat Waduk Pluit Akan Ditertibkan

Ratusan rumah yang berdiri di sisi barat Waduk Pluit akan kembali ditertibkan. Penertiban dilakukan menindaklanjuti normalisasi yang dilakukan di Waduk Pluit. Rencananya, penertiban akan dilakukan akhir September mendatang sambil menunggu kesiapan Rusun Muara Baru, sebagai tempat relokasi warga.

Kira-kira tanggal 20 September. Bila masih ada bangunan yang berdiri di dekat pos polisi hingga rumah pompa akan kami tertibkan

Ratusan rumah yang berada di atas sisi barat waduk tersebut, sebagian besar masuk dalam wilayah RT 19/17, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sedangkan sebagian lain merupakan rumah-rumah yang tidak memiliki RT dan RW.

Walikota Jakarta Utara, Heru Budi Hartono mengungkapkan, sosialisasi terkait penertiban akan dilakukan selama 10 hari, terhitung dari tanggal 1 September hingga 10 September. Menurut Heru, sosialisasi ini akan disampaikan ke ratusan pemilik bangunan yang berdiri di dekat Pos Polisi Taman Waduk Pluit hingga rumah pompa Waduk Pluit.

Pembebasan Waduk Marunda Kekurangan Dana Rp 185 Miliar

Nantinya, bila warga masih tetap ngotot untuk bertahan, maka akan dilayangkan Surat Peringatan (SP) hingga Surat Perintah Bongkar (SPB) ke pemilik bangunan. Setelah itu, bila masih tetap diacuhkan, maka akan dilakukan penertiban.

"Kira-kira tanggal 20 September. Bila masih ada bangunan yang berdiri di dekat pos polisi hingga rumah pompa akan kami tertibkan," tegas Heru, Jumat (22/8).

Rumah warga yang ditertibkan, tambah Heru, tidak mendapat uang kerohiman atau ganti rugi. Sebab, selama ini para pemilik bangunan telah mendirikan pemukiman di tempat yang terlarang. Bagi warga yang rumahnya ditertibkan, akan ditawarkan relokasi ke Rusun Muara Baru yang sedang dipersiapkan.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Perumahan dan Gedung Pemprov DKI untuk menyiapkan rusun sebagai tempat relokasi. Mereka bilang bulan September rusunnya sudah siap dan bisa diisi," tuturnya.

Camat Penjaringan, Rusdiyanto menambahkan, penertiban akan dilakukan di sisi barat waduk, yakni mulai dari belakang Pos Polisi Taman Waduk Pluit hingga ke Rumah Pompa Waduk Pluit. Diperkirakan sebanyak 200 rumah yang berdiri di atas waduk akan ditertibkan.

"Sosialisasi dan pendataan untuk mengetahui jumlah pastinya belum kita lakukan. Saya masih menunggu surat tugas untuk melaksanakannya," ujar Rusdiyanto

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Hujan Ringan Berpotensi Guyur Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time26-06-2024 remove_red_eye1340 personAnita Karyati
  2. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1100 personFolmer
  3. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1028 personAnita Karyati
  4. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye994 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Ancol Hadirkan Beragam Acara Seru di Momen Libur Sekolah

    access_time26-06-2024 remove_red_eye903 personAldi Geri Lumban Tobing