You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PMKS melahirkan
.
photo Suriaman Panjaitan - Beritajakarta.id

Pengamen Lahirkan Anak Seberat 1,25 Kilogram

Amelia (19), seorang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang biasa mengamen di perempatan lampu merah Jalan Hasyim Ashari, Gambir, Jakarta Pusat, melahirkan anaknya secara cesar. Namun, anak dari perempuan kelahiran 25 Desember 1995 itu, hanya seberat 1,25 kilogram lantaran sang ibu juga melahirkan secara prematur dengan usia kandungan kurang dari delapan bulan.

Saya berharap anak saya bisa segera tumbuh normal agar bisa dirawat

Sebelum melahirkan, Amel sempat hampir pingsan di jalanan. Beruntung saat dirinya terengah-engah, ada seseorang yang membawanya ke Puskesmas Tanah Abang. Sayangnya peralatan di puskesmas tidak memadai hingga akhirnya ia dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Jakarta Pusat. Setelah melalui proses persalinan, Amelia berhasil melahirkan seorang anak laki-laki.

"Saya berharap anak saya bisa segera tumbuh normal agar bisa dirawat," ujar mantan pencandu putau yang juga bersuamikan seorang pengamen itu, Selasa (2/9).

Agustus, 140 PMKS Terjaring Razia di Jaksel

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, Marjito mengatakan, Amelia dikategorikan orang yang terlantar. Pasalnya, ketika dirinya harus mendapat perawatan malah harus terus berada di jalan. Lebih lanjut Marjito mengatakan, lantaran waktu tinggal di rumah sakit sudah habis, Amel akan dibawa ke Panti Sosial Kebon Kosong, Jakarta Pusat, untuk selanjutnya tinggal di Panti Sosial Perlindungan Belaian Kasih (PSPBK) hingga keadaan anak yang baru dilahirkan membaik.

"Jika ingin dirawat, Amel dan anaknya harus pulang ke Wonosobo, namun jika tidak lantaran tidak memiliki tempat tinggal, maka harus dirawat oleh pemerintah," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1220 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1115 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1046 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye911 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye837 personAldi Geri Lumban Tobing