You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pertengahan September, kawasan Sabang Dipasang Parkir Meter
.
photo doc - Beritajakarta.id

Pertengahan September, Jl Sabang Uji Parkir Meter

Pertengahan September mendatang, Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat, atau yang lebih dikenal dengan Jl Sabang, akan dipasang parkir meter. Sistem baru tersebut akan diuji coba selama satu pekan terlebih dahulu, sebelum benar-benar diterapkan. Tujuan penerapan sistem ini adalah untuk mengurangi jumlah kebocoran pendapatan parkir on street atau parkir di bahu jalan yang tiap tahun jumlahnya cukup besar.

Prospeknya mungkin 1 minggu untuk uji coba di kawasan Sabang, nanti kita akan evaluasi

Kepala Unit Pengelola (UP) Parkir DKI Jakarta, Sunardi Sinaga mengatakan, pihaknya sengaja memilih kawasan Sabang, untuk melihat kebocoran yang terjadi. Pasalnya, di lokasi tersebut dinilai paling rawan kebocoran. "Prospeknya mungkin 1 minggu untuk uji coba di kawasan Sabang, nanti kita akan evaluasi," kata Sunardi, Kamis (3/9).

Dalam masa uji coba selama sepekan, pihaknya akan mendeteksi penyebab kebocoran uang parkir di kawasan tersebut. Apakah karena faktor juru parkir atau jumlah kendaraan yang parkir tersebut membayar tidak sesuai peruntukkan tiket yang diberikan. "Kita akan lihat di mana letak kebocoran yang terjadi," ucapnya.

Kendaraan Parkir Liar Disanksi Ganda

Menurutnya, uji coba ini akan melibatkan pihak swasta. Setelah uji coba dianggap berhasil, ditargetkan penerapan di beberapa tempat lainnya akan dimulai pada awal tahun depan dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2015.

Sunardi menuturkan tingkat kebocoran pendapatan parkir on street sebenarnya merata di kelima wilayah DKI. Sebab, belum adanya satu sistem pemungutan parkir di DKI yang saat ini masih dilakukan secara konvensional. Dengan diterapkannya sistem parkir meter di mana tarif parkir dikenakan per jam seperti parkir off street akan lebih meningkatkan pendapatan parkir on street. Lokasi lainnya yang akan dilakukan uji coba penerapan sistem parkir meter adalah di Kelapa Gading, Jakarta Utara dan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Di Jakarta sesuai dengan Peraturan Gubernur No 64/2011 jumlah satuan ruang parkir (SRP) mencapai 12.550 lokasi. Jumlah tersebut tersebar di 400 titik. Setiap tahunnya dari belasan ribu lokasi hanya menyetor sebanyak Rp 26 miliar. Padahal, jika dimaksimalkan jumlahnya bisa melebihi dari pendapatan tersebut.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2638 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2263 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1873 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1215 personAnita Karyati
  5. Penataan Kawasan di Jalan Bendi Besar Rampung

    access_time01-10-2024 remove_red_eye1148 personTiyo Surya Sakti