You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Instalasi pengolahan Limbah Septic Tank Terancam Ditutup
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Instalasi Pengolahan Limbah Diminta Ditutup

Lantaran dinilai kerap menebar aroma bau tak sedap, warga RT 09/07 Pulogebang, Cakung Jakarta Timur, mendesak agar tempat pengolahan limbah tinja septic tank ditutup. Bahkan, warga telah menyampaikan keluhannya kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama.

Saat-saat tertentu, baunya menyengat sekali ke pemukiman warga. Makanya kami menjadi terganggu

Tomo (50), salah seorang warga meminta agar instalasi pengolahan limbah septic tank itu ditutup karena kerap menimbulkan bau dan mencemari air warga. Sehingga kesehatan warga terancam terganggu. "Saat-saat tertentu, baunya menyengat sekali ke pemukiman warga. Makanya kami menjadi terganggu," keluhnya, Rabu (17/9).

Walim (53), Koordinator Pengawas Instalasi Pengolahan Limbah Septic Tank Pulogebang, mengakui banyak warga yang mengeluh. Pihaknya telah berupaya agar pengolahan limbah yang berdiri di atas lahan seluas 12 hektare ini tak menebar bau.

673 Perusahaan Belum Miliki Dokumen Lingkungan

Sementara, Camat Cakung, Ali Murthadho, mengatakan, untuk mengetahui dampak kesehatan terhadap warga pada radius tertentu, pihaknya akan mendatangkan dokter. "Kami juga meminta pada BPLHD Jakarta Timur untuk melakukan penelitian ulang terhadap kondisi air tanah warga pada radius tertentu," ujar Ali Murthadho.

Kepala Bidang Pengolahan limbah B3 (bahan berbahaya beracun) Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Joko Dawoud, menambahkan, akan mengevaluasi kembali pengolahan limbah di instalasi tersebut. Pihaknya juga terus berupaya mengurangi bau dari pembuangan limbah dengan menambah obat penghilang bau.  "Katanya kan ada pencemaran udara dan air di lingkungan warga. Kami akan cek apa benar pencemaran itu ada atau tidak," ujar Joko Dawoud.

Ditambahkan Joko, Instalasi Pengolahan Limbah Septic Tank pengelolaannya akan diserahkan ke PD PAL DKI. Sebab sesuai Perda DKI nomor 3/2013 tentang pengolahan sampah, instalasi pengolahan limbah ini harus ditangani PD PAL. Saat ini sedang proses penyerahan dari Dinas Kebersihan DKI ke PD PAL.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1034 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye954 personAldi Geri Lumban Tobing