You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
.tempat mengumpul barang bekas dan lain-lain
sebagai gantinya, difungsikan dengan dibangun berupa bedeng-bedeng sebagai garasi mobil pribadi, kandang ayam, lapak pengepul barang-barang bekas dan lain sebagainya.
photo doc - Beritajakarta.id

Jalur Hijau di Jakbar Marak Bangunan Liar

Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat menata jalur hijau sesuai dengan fungsinya tampaknya kurang mendapat dukungan warga. Buktinya, saluran mikro tepatnya di RW 10, Kelurahan Kalideres, dan di RW 05, Kelurahan Cengkareng Barat kondisinya semrawut dan kumuh.

Dalam waktu dekat bangunan liar pada kedua titik pada saluran dan kali tersebut memang akan kami bongkar

Pantauan beritajakarta.com, di sepanjang saluran dengan lebar sekitar 5 meter tersebut ditanam pohon pelindung berukuran besar banyak yang dipotong dan berganti bangunan bedeng garasi mobil, kandang ayam, lapak pengepul barang bekas, dan bangunan lainnya yang serupa. Kondisi yang sama terlihat di sepanjang Kali Maja, Bambu Larangan, RW 05, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng.  

Wardan (56), warga RT 01/10, Kelurahan Kalideres mengatakan, berubah fungsinya jalur hijau di bantaran saluran tersebut sudah berlangsung lebih dari lima tahun.

Taman di Depan PGC Jadi Tempat Mangkal PKL

“Dulunya sepanjang saluran tersebut terdapat banyak pohon hingga kawasan ini jadi teduh dan hijau. Tapi, lebih dari lima tahun oleh warga yang punya mobil pohon-pohon dipotong dan dijadikan sebagai tempat parkir mobil, kandang ayam, tempat mengumpul barang bekas dan lain-lain,” ujar Wardan, Sabtu (20/9).

Kasatpol PP Jakarta Barat, Kadiman Sitinjak menuturkan, pihaknya saat ini tengah gencar melakukan penertiban bangunan liar yang terdapat di jalur hijau dan bantaran kali serta saluran mikro. Untuk bangunan liar yang berdiri di sekitar saluran mikro dan sepanjang Kali Maja, pihaknya akan melakukan penertiban dalam waktu dekat. Data yang dihimpun, lebih dari 50 bangunan dengan ukuran sekitar 5x2 meter.

“Dalam waktu dekat bangunan liar pada kedua titik pada saluran dan kali tersebut memang akan kami bongkar,” tandas Kadiman.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1222 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1120 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1047 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye933 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye896 personAldi Geri Lumban Tobing