You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
transjakarta_medan-merdeka.jpg
....
photo doc - Beritajakarta.id

Pelantikan Presiden, Transjakarta Koridor I Dihentikan Sementara

Unit Pengelola (UP) Transjakarta berencana menghentikan sementara operasional Transjakarta koridor I saat berlangsungnya Syukuran Rakyat yang digelar terkait pelantikan Jokowi-Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2014-2019.

Kami hentikan saja dahulu. Mau dialihkan juga tidak bisa

Pasalnya, kegiatan yang akan diisi kirab budaya tersebut akan mengambil rute sepanjang Jl Jenderal Sudirman hingga Jl MH Thamrin yang merupakan jalur utama bus Transjakarta koridor I jurusan Blok M-Kota.

Kepala UP Transjakarta, Pargaulan Butarbutar mengatakan, jika kirab budaya dimulai dari Jl Jenderal Sudirman, maka operasional koridor I Transjakarta akan dihentikan sementara. "Kami hentikan saja dahulu. Mau dialihkan juga tidak bisa," ujar Pargaulan, Jumat (17/10).

Usai Dilantik, Jokowi Diarak Naik Kereta Kencana

Namun, pihaknya hingga kini belum mendapatkan perintah pengalihan rute Transjakarta dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. "Belum ada perintah (pengalihan rute) dari mana ke mana. Jadi kami alihkan secara situasional saja," katanya.

Selain koridor I, ditambahkan Pargaulan, koridor II (Harmoni-Pulogadung) juga bersinggungan dengan rencana rute kirab budaya tersebut. Namun, untuk koridor II, rute bisa dialihkan dari Harmoni melewati Jl Medan Merdeka Barat. "Karena Jalan Medan Merdeka Barat dipakai, maka rute beralih dari Harmoni langsung ke Jalan Juanda lalu ke Pasar Baru, Tugu Tani langsung ke Pulogadung," ucap Pargaulan.

Sementara itu, Kepala Dishub DKI Jakarta, Muhammad Akbar meminta massa yang mengikuti kirab budaya untuk tidak menggunakan jalur Transjakarta agar tidak mengganggu operasional bus tersebut. "Berdasarkan informasi akan ada arak-arakan di Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin, paling ya sekitar koridor itu saja yang terpengaruh. Tapi sejauh ini kami berasumsi normal, tidak ada gangguan," katanya.

Akbar juga meminta para pengendara yang tidak memiliki kepentingan untuk tidak melintasi jalur kirab budaya karena khawatir terjebak macet. Kendati demikian kebijakan pengalihan arus atau penghentian operasional sementara melihat situasi di lapangan.

"Artinya menginformasikan ke masyarakat, bahwa Senin (20/10) akan ada keramaian di kawasan Sudirman-Thamrin sehingga kalau tidak perlu banget ke sana, ya sebaiknya menghindar," ucapnya.

Seperti diketahui, relawan Jokow-JK bakal menyelenggarakan pesta rakyat usai pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada Senin (20/10) mendatang.

Acara akan dipusatkan di kawasan silang Monas. Salah satu acara yang bakal digelar untuk merayakan pelantikan Jokowi-JK yakni kirab budaya atau pawai. Kirab dimulai pukul 12.00 dari Jl Jenderal Sudirman menuju Jl MH Thamrin, Jl Merdeka Barat dan berakhir di Monas.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye984 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye932 personAldi Geri Lumban Tobing