You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Jelang Musim Hujan, 1.500 Pohon di Jaksel Ditoping
Antisipasi musim penghujan yang semakin dekat dilakukan oleh pemerintah. Bukan hanya berusaha menghilangkan banjir atau genangan, mencegah adanya kecelakaan pohon-pohon yang rimbun juga mulai ditoping..
photo doc - Beritajakarta.id

Cegah Pohon Tumbang, 4.200 Pohon di Jakbar Dipangkas

Sejak Januari hingga Oktober 2014, tercatat 4.200 pohon rindang di Jakarta Barat telah dipangkas. Pemangkasan (penopingan) pohon di jalan protokol dan jalan lingkungan itu dilakukan untuk mencegah pohon tumbang yang dapat membahayakan keselamatan warga dan pengendara jalan.

Ketiga jenis pohon di sepanjang jalan tersebut memang sudah sangat tinggi, besar dan rimbun. Jadi sudah seharusnya dilakukan penopingan

Meski jumlah pohon yang dipangkas sudah cukup signifikan, penopingan masih terus dilakukan Sudin Pertamanan Jakarta Barat. Kali ini penopingan yang dilakukan menyasar kawasan Jl Joglo Raya, tepatnya seputar Kompleks Hankam hingga Jl Asem, Kelurahan Joglo, Kecamatan Kembangan.

Pantauan beritajakarta.com, puluhan pohon jenis akasia dan angsana, berukuran besar dan tinggi rata-rata mencapai lebih dari 15 meter yang terdapat pada kedua sisi sepanjang jalan tersebut dipangkas dengan menggunakan gergaji mesin oleh petugas.

Angin Kencang, Pohon Rindang Mulai Dipangkas

Kepala Seksi Jalur Sudin Pertamanan Jakarta Barat, Kadirun mengatakan, pohon yang dipangkas di sepanjang Jl Joglo Raya jumlahnya mencapai 74 pohon. Jenis pohon yang dipangkas selain angsana dan akasia, juga terdapat pohon beringin.

“Ketiga jenis pohon di sepanjang jalan tersebut memang sudah sangat tinggi, besar dan rimbun. Jadi sudah seharusnya dilakukan penopingan,” ujar Kadirun, Jumat (7/11).

Selain melakukan pemangkasan di jalan tersebut, pihaknya juga tengah melakukan pemangkasan 38 pohon jenis angsana yang terdapat pada dua sisi jalan sepanjang Jl Bandengan Selatan, Kelurahan Roa Malaka, Kecamatan Tambora. Di samping itu, juga terdapat 30 pohon pada kedua sisi sepanjang Jl Kebayoran Lama, Kelurahan Sukabumi Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, menjadi sasaran pekerjaan pihaknya.

“Penopingan kami lakukan sebagai bentuk antisipasi musim hujan yang dalam waktu dekat ini akan terjadi disertai angin kencang. Agar pohon-pohon yang ada di jalan tidak sampai roboh dan sempal,” jelas Kadirun.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1106 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye874 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye785 personBudhi Firmansyah Surapati