You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Minggu Depan Ratusan Bangunan Bantaran Kali Apuran Akan Ditertibkan
.
photo doc - Beritajakarta.id

Bangunan di Tepi Kali Apuran Segera Dibongkar

Para penghuni bangunan liar di sepanjang bantaran Kali Apuran, Kelurahan Kapuk dan Kedaung Kaliangke, Cengkareng diminta segera berkemas dan membongkar sendiri bangunannya. Sebab, mulai pekan depan, Pemkot Administrasi Jakarta Barat akan membongkar ratusan bangunan di sepanjang bantaran kali tersebut yang panjangnya mencapai dua kilometer.

Sebelumnya kami sudah melakukan sosialisasi. Kami juga sudah melayangkan Surat Peringatan (SP) 1 hingga 3

Wakil Walikota Jakarta Barat, M Yuliadi mengatakan, pembongkaran ratusan bangunan di sepanjang bantaran Kali Apuran sudah mendesak dilakukan. Pasalnya, selama ini keberadaan ratusan bangunan itu menjadi penyebab terjadinya penyempitan badan kali serta pendangkalan hingga memicu terjadinya banjir. Ia meperkirakan, sebanyak 800 bangunan liar di yang akan dibongkar secara bertahap mulai pekan depan.

"Sebelumnya kami sudah melakukan sosialisasi. Kami juga sudah melayangkan Surat Peringatan (SP) 1 hingga 3," ujar Yuliadi, Selasa (9/12).

20 Rumah dan 1.000 Lapak PKL Dibongkar

Saat ini, kondisi badan Kali Apuran yang membentang dari Jl Raya Peternakan di Kedaung Kaliangke hingga Cengkareng Drain sudah menyempit hanya menyisakan dua meter dari lebar sebelumnya yang mencapai 15 meter.

Akibatnya, setiap musim penghujan, badan kali tidak mampu menampung aliran kali hingga meluap menggenangi pemukiman warga hingga ketinggian 1,5 meter.

Pihaknya, kata Yuliadi, akan merelokasi penghuni bantaran Kali Apuran ke Rusunawa Daan Mogot. "Kami siapkan Rusunawa Daan Mogot untuk menampung 104 KK yang terkena relokasi. Sisanya masih akan kami seleksi," katanya.

Suwarni (36), salah satu penghuni bangunan liar di bantaran Kali Apuran mengaku sudah mengetahui rencana Pemkot Administrasi Jakarta Barat tersebut. "Saya sudah tahu rumah saya akan dibongkar. Kami tidak permasalahkan yang penting kami benar-benar dapat rusun. Sekarang masih dalam tahap pendataan untuk mendapatkan rusun," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1215 personFolmer
  2. Selektif Verifikasi Data, Disdik DKI Pastikan KJP Plus Tepat Sasaran

    access_time05-07-2024 remove_red_eye1174 personTP Moan Simanjuntak
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1155 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1144 personAnita Karyati
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye944 personNurito