You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
309 Gereja Jadi Fokus Pengamanan Natal
.
photo doc - Beritajakarta.id

11.829 Polisi Amankan Natal dan Tahun Baru di Ibu Kota

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat perayaan Natal dan malam pergantian tahun, Polda Metro Jaya menyiagakan 11.829 personel anggotanya. Adapun titik fokus pengamanan berada di gereja, tempat wisata serta sejumlah tempat keramaian yang akan menjadi titik kumpul massa.

Tahun baru juga ada peribadatan sehingga ditambah menjadi 11.829 personel, untuk menjaga gereja serta tempat-tempat wisata dan titik kumpul

"Ada 309 gereja yang kita akan beri perhatian khusus penjagaan. Itu termasuk 12 gereja yang bermasalah di seluruh wilayah hukum kami," ujar Kombes Pol Rikwanto, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Selasa (23/12).

Ribuan Pemudik Padati Stasiun Senen

Untuk pengamanan Natal, pihak Polda Metro Jaya menurunkan 3.947 personel. "Untuk pengamanan Natal dan tahun baru berkaitan Operasi Lilin kami siagakan 3.947 personel Polda Metro Jaya," katanya.

Dikatakan Rikwanto, petugas kepolisian akan mensterilkan dan melakukan pengecekan secara manual terhadap pengunjung guna menjamin keamanan di gereja. Khusus untuk gereja yang besar seperti Kathedral dan Immanuel, polisi mengerahkan pasukan penjinak bom. "Akan ada metal detektor di depan pintu masuk dan sebelum acara misa akan ada penyisiran oleh tim penjinak bom," tuturnya.

Sementara untuk malam pergantian tahun, lanjut Rikwanto, personel penjagaan akan ditambah menjadi 11 ribu aparat. Sebab, pengamanan tidak hanya dilakukan di tempat ibadah dan tempat wisata melainkan juga di sejumlah titik kumpul massa yang perlu mendapatkan penjagaan ekstra. "Tahun baru juga ada peribadatan sehingga ditambah menjadi 11.829 personel, untuk menjaga gereja serta tempat-tempat wisata dan titik kumpul," ucapnya.

Tempat-tempat wisata yang menjadi fokus pengamanan di antaranya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), kawasan Kota Tua, kawasan Monas, dan Bundaran HI. "Karena dipastikan warga akan tumpah ruah di sana. Hingga pada tanggal 1 Januari-nya pasti berekreasi juga," tukasnya.

Ditambahkan Rikwanto, pengamanan juga dilakukan di area Jakarta Night Festival (JNF) yang akan berlangsung pada malam tahun baru. "Pemprov DKI masih menggelar JNF dari Bundaran HI ke Monas. Ada 13 panggung yang disiapkan untuk pentas musik, tari-tarian, keroncong, jazz, dan lainnya. Ada juga pesta kembang api di Monas serta Ancol," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1222 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1117 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1047 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye933 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye893 personAldi Geri Lumban Tobing