You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pelebaran Jl Simprug Golf 2 Terkendala Pembebasan Lahan
Pelebaran Jl Simprug Golf 2 Terkendala Pembebasan Lahan .
photo Rio Sandiputra - Beritajakarta.id

Pelebaran Jalan Simprug Golf 2 Terkendala Pembebasan Lahan

Meskipun sudah diprogramkan sejak awal 2013 lalu, namun rencana pelebaran jalan Jalan Simprug Golf 2 RW 08 Grogol Selatan masih terkendala pembebasan.

Kita sudah musyawarah dengan pemilik 8 bidang lahan yang bersertifikat, tapi belum ada titik temu

"Kita sudah musyawarah dengan pemilik 8 bidang lahan yang bersertifikat, tapi belum ada titik temu," ungkap Syamsuddin Noor, Walikota Jakarta Selatan, Selasa (6/1).

Menurut Syamsuddin, kesulitan lainnya adalah penelusuran mengenai kepemilikan lahan dari RT 08, 09, 10, di RW 08 Grogol Selatan yang rencananya terkena proyek pelebaran jalan tersebut. "Saya sedang telusuri ada informasi lahan itu untuk fasos fasum dari PT Berdikri. Tapi sekarang sudah gabung dengan PT Agung Podomoro," tuturnya.

7 Gerobak PKL di Grogol Selatan Ditertibkan

Hingga saat ini, kata Syamsuddin, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan belum mendapatkan peta kepemilikan lahan dari perusahaan tersebut. "Ya belum dapat peta untuk yang sudah dibebaskan (PT Berdikri). Jangan sampai nanti malah kita bebaskan 2 kali," tukasnya.

Wakil Camat Kebayoran Lama, Endang Efendi, mengatakan sekitar 90 persen warga di 3 RT tersebut tidak memiliki dokumen kepemilikan lahan. "Sekitar 90 persen tidak bisa menunjukkan surat-surat kepemilikan lahan. Untuk yang punya girik saja sekitar 35 bidang," ucapnya.

Hal itu juga diakui oleh Ketua RW 08 Grogol Selatan, Sugiatno. Menurutnya, sebagian besar lahan yang ada di 3 RT itu sudah dibebaskan oleh PT Berdikri sejak lama. "Sudah dibebaskan sejak tahun 1970-an. Tapi karena tidak langsung digunakan, maka lahan tersebut ditempati warga pendatang," terangnya.

Sugiatno mengatakan, warga yang bermukim di 3 RT itu berjumlah sekitar 600 kepala keluarga (KK). "Cukup padat, sekitar 600 KK yang menghuni di 3 RT," ucapnya.

Sekadar diketahui, pelebaran Jalan Simprug Golf 2 ini bertujuan mengurai kepadatan lalu lintas yang sebelumnya bertumpu melalui Jl Pakubuwono. Dengan pelebaran jalan tersebut, diharapkan kendaraan dari arah Jl Teuku Nyak Arif menuju ke Senayan City atau sebaliknya bisa terakomodir. Saat ini lebar Jalan Simprug Golf 2 hanya sekitar 3-5 meter dengan panjang sekitar 800 meter dan hanya dapat dilewati mobil secara bergantian.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1255 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1235 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1182 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1067 personNurito
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye800 personBudhi Firmansyah Surapati