You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 RSUD Tarakan Adakan Seminar Memperingati World Thrombosis Day
.
photo Agung Supriyanto - Beritajakarta.id

RSUD Tarakan Adakan Seminar Memperingati World Thrombosis Day

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan menggelar seminar ilmiah bertajuk "Venous Thromboembolism Safety Zone: Diagnosis dan Tata Laksana di Pusat Kesehatan Primer dan Sekunder". Seminar tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati World Thrombosis Day.

Seminar diikuti 150 peserta perwakilan dari RSUD dan puskesmas

Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Direktur Pelayanan RSUD Tarakan, Jessy Widiastuti mengatakan, kegiatan ini sangat penting bagi tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan DKI Jakarta baik di RSUD Tipe B, C dan D, serta tenaga medis di setiap puskesmas.

"Seminar diikuti 150 peserta perwakilan dari RSUD dan puskesmas. Mereka harus memiliki pengetahuan yang baik terhadap masalah penyakit yang terjadi akibat terbentuknya gumpalan darah atau trombus dalam pembuluh darah," ujarnya, yang juga mejabat sebagai Wakil Direktur Umum dan Keuangan, di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10).

Layanan Informasi PPID di 28 Badan Publik Dinilai

Menurutnya, melalui seminar ilmiah ini, peserta akan memiliki bekal pengetahuan dan wawasan mengenai penyebab, penanganan, serta pencegahan yang harus dilakukan untuk kebaikan pasien.

"Kita ingin menjadi sistem jaringan yang kuat untuk menangani permasalahan kesehatan di Jakarta, terangnya.

Sementara itu salah seorang narasumber, Konsultan Hematologi dan Onkologi Medik RSUD Tarakan, Griskalia Christine menambahkan, dari empat penyebab kematian di dunia, salah satu di antaranya adalah trombosis, dimana terjadi pembekuan darah yang bisa terjadi di pembuluh darah arteri atau pembuluh darah balik (vena).

"Ini kegiatan yang baik sekali, bagi tenaga kesehatan di tingkat primer dan sekunder seperti puskesmas dan RSUD. Kami menekankan pentingnya skrining, diagnosis dini, dan tata laksana yang edukatif untuk kasus tromboembolisme vena," ungkapnya.

Griska menjelaskan, jika puskesmas sudah bisa memberikan penanganan dengan baik, maka pasien tidak perlu sampai dirujuk ke RSUD atau rumah sakit lain.

"Penanganan cepat dan tepat sejak dini akan semakin memberikan kemudahan bagi pasien," tandasnya.

Untuk diketahui, tromboembolisme vena terdiri dari trombosis vena dalam dan emboli paru yang disebabkan oleh gangguan satu atau lebih dari tiga komponen yang disebut Trias Virchow yakni, gangguan aliran darah, gangguan komponen darah, dan gangguan pembuluh darah.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2704 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2243 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Penataan Kawasan di Jalan Bendi Besar Rampung

    access_time01-10-2024 remove_red_eye1183 personTiyo Surya Sakti
  4. Heru Imbau Kantor di Sudirman-Thamrin Terapkan WFH saat Puncak HUT TNI

    access_time30-09-2024 remove_red_eye1154 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Kebakaran Lapak Pengepul Barang Bekas di Pegadungan Berhasil Dipadamkan

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1047 personTP Moan Simanjuntak